Selasa 23 Jan 2024 06:58 WIB

Lima Bandara Ini Punya Rute Baru Mulai 2024

Pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Ilustrasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Sumatera Barat.
Foto: Antara
Ilustrasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Memasuki tahun baru 2024, bandara-bandara PT Angkasa Pura (AP) II bersama maskapai langsung membuka rute-rute penerbangan baru. Rute baru yang dibuka tersebut merupakan rute penerbangan langsung.

“Sejak awal tahun, bandara-bandara AP II membuka rute-rute baru. Kami berharap ini semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis,” kata SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo dalam pernyataan tertulisnya, Senin (22/1/2024).

Baca Juga

Hal tersebut juga sebagai upaya AP II untuk terus menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah dihantam pandemi Covid-19 pada 2020-2022. Dia memastikan, pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada.

Berdasarkan data per 21 Januari 2024, Deni Krisnowibowo mengatakan pada Januari-Februari 2024, terdapat limabandara AP II yang membuka rute penerbangan baru.

 

“AP II berkolaborasi dengan maskapai dan ground handling serta didukung penuh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan InJourney Holding dalam membuka rute-rute baru,” ujar Deni Krisnowibowo.

Bandara pertama yang memiliki rute baru yakni Bandara Kualanamu bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Medan-Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. Rute tersebut dioperasikan Qatar Airways sebanyak tiga kali sepekan menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner.

Bandara Kualanamu sendiri dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) yang merupakan bagian dari AP II.

Direktur Operasi AVI Heriyanto Wibowo mengatakan pembukaan rute Medan-Doha dan sebaliknya tersebut memperkuat upaya Bandara Kualanamu untuk menjadi bandara hub.

“Penumpang pesawat atau wisatawan dari Doha dapat berwisata di Sumatera Utara serta destinasi-destinasi wisata di Indonesia lainnya melalui Bandara Kualanamu,” ucap Heriyanto.

Lalu bandara kedua yakni Bandara Radin Inten II yang membuka konektivitas Lampung-Denpasar. Penerbangan tersebut dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi empar kali sepekan.

Executive General Manager Bandara Radin Inten II Untung Basuki mengatakan rute baru tersebut mengkoneksikan dua destinasi wisata di Indonesia yang sudah terkenal dengan keindahan pantainya.

“Kami berharap rute antara dua destinasi wisata ini yakni Lampung-Denpasar akan turut semakin menggairahkan pariwisata nasional,” ujar Untung Basuki.

Lalu bandara ketiga yakni Bandara Soekarno-Hatta yang membuka rute penerbangan baru yaitu Jakarta-Kota Kinabalu (Malaysia) pada 6 Februari 2024 oleh Indonesia AirAsia. Lalu jug rute Jakarta-Nanning (China) oleh Sichuan Airlines pada Januari atau Februari 2024.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan pembukaan dua rute baru akan semakin mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan internasional.

“Sebagai bandara tersibuk di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta berupaya untuk terus meningkatkan kontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dan perekonomian nasional melalui konektivitas penerbangan,” ungkap Dwi.

Lalu bandara keempat yakni  Bandara Minangkabau yang membuka rute Padang-Surabaya oleh maskapai Lion Air mulai 18 Januari 2024. Lalu Super Air Jet membuka rute penerbangan Padang-Medan mulai 24 Januari 2024.

“Kami berharap pembukaan rute-rute ini semakin memberikan kemudahan perjalanan udara bagi masyarakat Sumatera Barat, begitu pun bagi masyarakat yang ingin ke Sumbar,” tutur EGM Bandara Minangkabau Indrawansyah.

Seanjutnya bandara kelima yakni Bandara Sultan Syarif Kasim II bersama maskapai Lion Air membuka rute penerbangan Pekanbaru-Surabaya mulai 13 Januari 2024. EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II Radityo Ari Purwoko mengatakan rute Pekanbaru-Surabaya merupakan rute yang sebelumnya pernah ditutup dampak dari pandemi Covid-19.

“Rute Pekanbaru-Surabaya kembali diaktifkan pada Januari 2024, menandakan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II berjalan dengan baik,” jelas Radityo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement