Sabtu 13 Jan 2024 18:50 WIB

Kemenkominfo Dorong Terbentuknya Ekosistem SDM Digital

Sinergi berbagai pihak membangun ekosistem itu dinilai akan sangat membantu.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria
Foto: Kominfo
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain pelatihan SDM dan literasi digital masyarakat, ada langkah lain yang perlu menjadi perhatian untuk bisa mendorong pemerataan keterampilan digital, yakni ekosistem.

"Kita diharapkan bisa membangun satu ekosistem untuk memperkuat persoalan sumber daya manusia bidang digital," kata Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Baca Juga

Oleh karena itu, dia sangat mengapresiasi dan mendukung berbagai kegiatan peningkatan sumber daya manusia seperti olimpiade matematika dan bahasa Inggris yang digelar Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) 2024. "Karena matematika terutama merupakan pintu masuk di balik kemajuan teknologi seperti programing, coding, algoritma, big data, hingga data sains," ungkap Nezar.

Olimpiade tingkat nasional tersebut menjaring sekitar 3.635 orang peserta tingkat SMA/SMK/MA atau sederajat dari seluruh Indonesia. Untuk babak penyisihan di mulai dari 17 November 2023 hingga 20 Desember 2023 yang diikuti oleh kurang lebih 3635 siswa SMA/SMK/MA yang tersebar dari 243 sekolah di Indonesia. Paling barat ada SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen, dan paling timur ada SMA Negeri 3 Nabire.

Dari seluruh peserta tersebut ditetapkan sebanyak 94 orang siswa sebagai semifinalis bahasa Inggris dan 88 siswa sebagai semifinalis matematika dari total 166 sekolah. Babak semifinal Olimpiade ini sudah berlangsung Rabu 10 Januari 2024 dengan meloloskan lima juara finalis dari masing-masing kategori.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement