Sabtu 13 Jan 2024 18:40 WIB

Indonesia Targetkan Lahirkan Sembilan Juta Talenta Digital pada 2030

Kemenkominfo menyiapkan aneka pelatihan untuk mencapai target itu.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria
Foto: YouTube
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan bahwa Indonesia memiliki target untuk bisa menciptakan setidaknya ada sembilan juta talenta digital pada 2030.

Sebab, kebutuhan talenta digital nasional makin meningkat seiring dengan dinamika perkembangan teknologi. Kebutuhan talenta digital Indonesia ke depan pun cukup tinggi.

Baca Juga

"Pada 2030 itu setidaknya kita (harus) bisa menyiapkan sekitar sembilan juta orang, karena kita tahu ekonomi digital terus bertumbuh," kata Nezar.

Dia tak menampik pemenuhan kebutuhan tersebut bukan pekerjaan mudah, membutuhkan keseriusan semua pihak dalam bekerja keras untuk mewujudkannya. Sebab konsentrasi yang dibutuhkan berupa penguatan SDM dan itu perlu dilakukan secara berkesinambungan.

 

Kemenkominfo sendiri sudah menggelar sejumlah program. Di antaranya digital talent scholarship yang tahun lalu mencetak 1.023 orang, dengan juga menyasar leadership setingkat manajer.

"Diharapkan, langkah itu bisa menjadi dorongan bagi pimpinan di perusahaan melakukan digitalisasi di kantornya," ujarnya.

Seiring dengan hal tersebut, kegiatan literasi digital yang melibatkan masyarakat juga terus digenjot yang diharapkan bisa membuka perspektif masyarakat terkait keterampilan digital.

"Kita sudah mengajarkan ke lebih dari dua juta orang," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement