Rabu 03 Jan 2024 01:19 WIB

Asosiasi Petani Milenial Tabalong Terima Bantuan Alsintan

Saat ini ada sebanyak 94 petani muda termasuk pembina yang tergabung di asosiasi.

Asosiasi Petani Milenial (APM) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). (ilustrasi)
Foto: Makna Zaezar/ANTARA FOTO
Asosiasi Petani Milenial (APM) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TABALONG -- Asosiasi Petani Milenial (APM) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa traktor untuk mendukung pengembangan usaha tanaman hortikultura yang tersebar di 12 kecamatan.

Ketua Asosiasi Petani Milenial Kabupaten Tabalong Dwi Cahyono menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan alsintan dari Pemkab Tabalong melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura setempat.

Baca Juga

"Bantuan traktor ini sangat membantu kami para petani milenial dalam mengembangkan tanaman hortikultura," jelas Dwi di Tabalong, Selasa (2/1/2024).

Dia mengatakan saat ini ada sebanyak 94 petani muda termasuk pembina yang tergabung di asosiasi yang kini giat mengembangkan tanaman hortikultura mulai dari cabai tiung, cabai merah, tomat dan sayuran lainnya.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyerahkan bantuan alsintan secara simbolis kepada Ketua APM Kabupaten Tabalong Dwi Cahyono di halaman kantor DTP2KPH Tabalong. "Kita harus meyakini Tabalong bisa suplai pangan termasuk tanaman hortikultura ke kabupaten tetangga dan bantuan alsintan ini bentuk dukungan peningkatan produksi," jelas Anang.

Para penerima bantuan juga diminta bisa mengelola alsintan sebagai titipan bukan untuk milik perorangan agar dimanfaatkan secara optimal. Meski kabupaten paling utara Kalsel ini bukan kawasan pertanian menurut Anang jika potensi yang ada diusahakan dengan baik maka bisa menjadi penyuplai pangan hingga ke wilayah IKN

Pada APBD perubahan 2023 dialokasikan dana untuk pengadaan alsintan bagi kelompok tani untuk memudahkan dalam pengolahan lahan sawah maupun kebun hortikultura.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement