Ahad 31 Dec 2023 14:36 WIB

Kaleidoskop Capaian BRI: Borong 190 Penghargaan Hingga Diapresiasi Presiden Jokowi

BRI optimis dalam mengurangi 2024 karena memiliki fundamental yang kuat

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menutup tahun 2023 dengan gemilang. BRI berhasil mencatatkan berbagai capaian positif di sepanjang tahun 2023, baik dari sisi kinerja yang positif, pengakuan dari nasional hingga internasional, serta terus menjalankan perannya sebagai agent of development.
Foto: dok BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menutup tahun 2023 dengan gemilang. BRI berhasil mencatatkan berbagai capaian positif di sepanjang tahun 2023, baik dari sisi kinerja yang positif, pengakuan dari nasional hingga internasional, serta terus menjalankan perannya sebagai agent of development.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menutup tahun 2023 dengan gemilang. BRI berhasil mencatatkan berbagai capaian positif di sepanjang tahun 2023, baik dari sisi kinerja yang positif, pengakuan dari nasional hingga internasional, serta terus menjalankan perannya sebagai agent of development.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan keberhasilan BRI menutup tahun 2023 dengan manis tak lepas dari komitmen BRI dalam menciptakan value, baik economic value maupun social value. “Keberhasilan yang telah kita raih tidak hanya mencerminkan ketahanan kita dalam merespons berbagai tantangan, tetapi juga menegaskan tekad kita untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi negara dan masyarakat Indonesia,” ujar Sunarso.

Menutup tahun 2023, melalui berbagai program transformasi berkelanjutan yang dilakukan BRI berhasil mengukir capaian-capaian baru. Adapun 10 capaian BRI di sepanjang tahun 2023 ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kembali Raih Predikat sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia Versi Forbes The Global 2000 & Naik Peringkat

Majalah ekonomi terkemuka di dunia Forbes International mempublikasikan daftar Forbes The Global 2000 Tahun 2023 yang berisikan 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan penjualan (sales), laba (profit), aset (assets), dan nilai pasar (market value). Dalam publikasi tersebut, BRI berada di peringkat teratas di antara perusahaan-perusahaan di Indonesia. Secara internasional, BRI menempati peringkat terbaik yakni 307, meningkat dibandingkan pencapaian tahun lalu yakni peringkat 349 dunia.

2. Borong Lebih Dari 190 Penghargaan 

Atas kinerja keuangan yang impresif, BRI pun mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai lembaga melalui capaian lebih dari 190 penghargaan dari Januari-Desember 2023. Penghargaan tersebut datang dari berbagai lembaga maupun organisasi yang kredibel, di tingkat nasional dan internasional. Jumlah penghargaan tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

3. Cetak Laba Rp 44,21 Triliun atau Tumbuh 12,47 persen yoy Dalam 9 bulan

Pada kuartal III-2023, BRI berhasil memperoleh laba dalam 9 bulan yang mencapai sebesar Rp 44,21 triliun atau tumbuh 12,47 persen year-on-year (yoy). Keberhasilan BRI Group menjaga kinerja positif tersebut ditunjukkan dari aset yang secara konsolidasian meningkat sebesar 9,93 persen (yoy) menjadi Rp 1.851,97 triliun per kuartal III-2023.

4. Bagikan Dividen Rp 43,94 Triliun

Pada 13 Maret 2023 BRI membagikan dividen sebesar 85 persen dari laba bersih konsolidasian sepanjang 2022 atau senilai Rp 43,94 triliun. Untuk dividen yang menjadi bagian negara atas kepemilikan sekurang-kurangnya 53,19 persen saham mencapai sebesar Rp 23,15 triliun. Ini merupakan bukti nyata kontribusi BRI untuk negeri, di mana BRI merupakan banknya rakyat, berbisnis dengan rakyat dan diproses dengan caranya rakyat. Keuntungannya dikembalikan kepada rakyat Indonesia melalui setoran dividen dan pajak kepada negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement