Sabtu 23 Dec 2023 15:13 WIB

Hindari Empat Risiko yang Sering Terjadi Saat Natal dan Tahun Baru

Sejumlah hal perlu dilakukan untuk mengantisipasi risiko yang terjadi selama nataru.

Mobil rusak karena kecelakaan (ilustrasi). BRI Insurance mewanti-wanti empat risiko selama libur natal dan tahun baru.
Foto: Dok.Republika
Mobil rusak karena kecelakaan (ilustrasi). BRI Insurance mewanti-wanti empat risiko selama libur natal dan tahun baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru 2024 sudah di depan mata. Banyak orang sudah yang siap menyambut tahun baru yang akan datang hanya dalam hitungan hari dari.

Hampir semua orang mulai mempersiapkan sesuatu untuk menyambut tahun baru baik bersama teman atau keluarga. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari risiko yang terjadi saat menyambut natal dan tahun baru.

Baca Juga

1. Kecelakaan lalu lintas

Pola pergerakan orang dalam hari-hari tertentu, seperti libur Natal dan Tahun Baru, akan lebih banyak ketimbang hari biasanya. Hal ini juga berbanding lurus dengan peningkatan potensi kecelakaan terjadi.

Kecelakaan lalu lintas biasanya terjadi karena sejumlah hal, seperti kelalaian manusia atau kurangnya perhatian saat berkendara.

2. Kecelakaan di tempat wisata

Libur natal dan tahun baru menjadi momen berkunjung ke tempat wisata bagi sebagian orang. Hampir semua tempat wisata pasti dipenuhi pengunjung.

Namun belakangan ini banyak kasus kecelakaan yang terjadi di tempat wisata. Banyaknya kecelakaan ditempat wisata tersebut dipengaruhi oleh banyak hal seperti kendornya pengawasan terhadap tempat wisata, kurangnya perawatan fasilitas, umur fasilitas wisata yang sudah lama dan melebihi kapasitas dengan frekuensi pemakaian yang meningkat. 

Dengan banyaknya risiko yang ada pada tempat wisata, kita harus lebih memperhatikan keselamatan diri saat ingin berlibur.

3. Banjir 

Dalam perjalanan liburan, bisa saja kita dihadapkan pada situasi yang menyulitkan, salah satunya bencana banjir. Musim hujan memungkinkan datangnya banjir secara tiba-tiba, disaat kita sedang melakukan perjalanan liburan. 

Bencana banjir bisa membuat semua rencana liburan seketika hancur karena akan membuat perjalanan menjadi terkendala seperti susahnya akses jalan untuk menuju tempat yang dituju dan kondisi kendaraan yang terendam banjir berpotensi untuk mengalami kerusakan berat dan tidak bisa dijalankan kembali

4. Kebakaran

Saat natal dan tahun baru, banyak orang yang akan melakukan perjalanan dan meninggalkan rumah untuk berlibur. Di balik itu, terdapat risiko di rumah seperti kebakaran yang diakibatkan konsleting listrik, ledakan kompor, dan ledakan yang disebabkan oleh percikan kembang api.

Untuk itu perlu kita perhatikan bahwa ketika ingin berpergian meninggalkan rumah ada baiknya untuk selalu mengecek seluruh aliran listrik dan mencabut aliran listrik dengan sempurna, mencabut selang gas dari kompor, dan memastikan kondisi seluruh rumah dalam keadaan aman untuk ditinggalkan saat berlibur.

Dengan berbagai risiko yang bisa terjadi saat libur, masyarakat harus lebih waspada karena risiko muncul bisa terjadi kapan dan dimana saja. Oleh karena itu kita perlu memiliki proteksi yang dapat menjaga kita dari segala risiko  yang menimbulkan kerugian. 

Ada beberapa proteksi yang di tawarkan BRI Insurance yang dianggap sesuai dengan kebutuhan untuk melindungi risiko kerugian. Salah satunya adalah asuransi rumah BRINS ASRI yang sangat bermanfaat untuk melindungi rumah dari berbagai risiko yang mungkin terjadi akibat rumah ditinggalkan selama liburan.

Kemudian, ada asuransi kendaraan BRINS OTO yang dapat memberikan perlindungan kepada kendaraan bila terjadi kecelakaan lalu lintas ataupun terjadinya kerusakan lain bahkan kehilangan. 

Selain itu BRI Insurance juga memberikan kemudahan untuk masyarakat dapat memilih produk asuransi kerugian bisa dimiliki sesuai kebutuhan karena periode dan nilai pertanggungannya bisa diatur sendiri mulai dari harian, bulanan, hingga tahunan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement