Kamis 21 Dec 2023 11:54 WIB

Pembiayaan Bank bjb Syariah Lampaui Target di Akhir 2023

Pembiayaan bjb Syariah melampaui dari target yang ditetapkan sebesar Rp 8,38 triliun.

PT Bank Jabar Banten Syariah (bjb syariah) optimistis menutup tahun 2023 dengan menyalurkan pembiayaan melampaui dari target yang ditetapkan sebesar Rp 8,38 triliun.
Foto: Dok. Bank bjb syariah
PT Bank Jabar Banten Syariah (bjb syariah) optimistis menutup tahun 2023 dengan menyalurkan pembiayaan melampaui dari target yang ditetapkan sebesar Rp 8,38 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Bank Jabar Banten Syariah (bjb syariah) optimistis menutup tahun 2023 dengan menyalurkan pembiayaan melampaui dari target yang ditetapkan sebesar Rp 8,38 triliun. Direktur Utama bank bjb syariah Adang A Kunandar mengatakan, bank bjb syariah berhasil melewati tahun 2023 dengan baik, meskipun berbagai tantangan masih melanda industri keuangan nasional, mulai dari kenaikan BI Rate, kenaikan nilai tukar dan situasi politik menghadapi pemilu.

"Kami optimistis target pembiayaan yang sudah ditetapkan bisa dicapai, bahkan terlampaui," kata Adang, saat Media Gathering di Hotel Sari Ater Subang, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga

Adang mengatakan, jika melihat laporan keuangan Kuartal III/2023, per September 2023, bank bjbsyariah sudah menyalurkan pembiayaan senilai Rp8,36 triliun atau sudah terealisasi 99,77 persen dari target yang ditetapkan Rp 8,38 triliun.

Sementara itu, jika dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy), maka realisasipembiayaan per September 2023 naik 14,6 persen dari Rp7,29 triliun menjadi Rp 8,36 triliun. Adang menjelaskan, pembiayaan sepanjang 2023 masih didominasi oleh pembiayaan konsumer, lalu disusul pembiayaan komersial, sisanya pembiayaan ritel dan mikro.

Dari sisi aset, bank bjb syariah mencatatkan aset sebesar Rp12,33 triliun atau naik 10,60 persen (yoy) per September 2023. Sementara dari segi laba, bank bjb syariah berhasil membukukan laba sebesar Rp 53,18 miliar pada September 2023.

Adang mengatakan, bank bjb syariah siap menatap 2024 dengan meningkatkan kinerja di semualini, termasuk memperkuat layanan digital melalui aplikasi Mobile Maslahah. Apalagi, lanjutnya, di era digital yang terus berkembang, kemajuan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk cara bertransaksi diperbankan.

"Salah satu inovasi perbankan yang kian diminati adalah layanan Digital Onboarding, dengan fitur itu, calon nasabah bank bjb syariah bisa membuka rekening Tabungan dengan cepat dan mudahhanyamelaluiponsel," jelasnya.

Fitur lainnya yang diluncurkan pada 2023 dan banyak diminati nasabah adalah call center 24jam. Nasabah bisa menghubungi petugas bank bjb syariah baik melalui aplikasi Mobile Maslahah dengan cara telepon langsung, online chating dan pesan singkat, jika menghadapi kendala dalam bertransaksi.

Selain itu, bank bjb syariah juga akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai instansi dan pemerintah daerah dalam melayani tabungan haji dan umrah di wilayah Jawa Barat dan Banten. Saat ini, bank bjb syariah terus melakukan proses pembukaan layanan diseluruh Kantor Kemenag wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta dengan total 23 Kantor Fungsional dan telah aktif beroperasi.

Keberadaan kantor fungsional bank bjb syariah di wilayah Kantor Kementerian Agama diharapkan dapat memudahkan calon jemaah haji untuk melakukan pendaftaran haji dengan cukup mendatangi satu tempat. Layanan yang bisa diperoleh calon jemaah mencakup Pembayaran Setoran Awal Biaya Haji atauBIPIH dan mendapatkan nomor validasi pembayaran haji. Selain itu, calon jemaah haji bisa melakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor porsi/nomor antrean haji di Kemenag.

Selain melalui kantor fungsional, bank juga menyediakan layanan haji dan umrah melalui aplikasi Mobile Maslahah, sehingga calon jemaah dapat melakukan Setoran Awal Biaya Haji atau BIPIH dan mendapatkan nomor validasi pembayaran haji cukup melalui smartphone.

Kinerja layanan haji yang dilakukan bank bjb syariah sepanjang 2023 juga mendapat apresiasi dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Bahkan, bank bjb syariah memborong sekaligus limapenghargaan dari BPKH sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) terbaik.

Penghargaan yang berhasil diraih bank bjb syariah di antaranya, BPS-BPIH Pendaftar Haji Terbaik 2023 Kategori BPD (terbaik ke-1), BPS BPIH Pertumbuhan Pendaftar Haji Terbaik 2023 Kategori BPD (terbaik 1), BPS BPIH Pendaftar Haji Milenial Terbaik 2023 Kategori BPD (terbaik 1), Umrah Reward BPKH Kategori BPD (terbaik 1), dan BPS BPIH Sustainable Finance 2023 Kategori BPD (terbaik2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement