Rabu 20 Dec 2023 20:56 WIB

Biaya Hidup Makin Tinggi, Masyarakat Harus Kelola Dana Lebih Bijak

Pengeluaran bisa membengkak hingga lebih tinggi dari pendapatan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Syariah Card Bank Mega Syariah
Foto: Republika
Syariah Card Bank Mega Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan di kota besar seperti Jakarta selalu membawa tantangan tersendiri, terutama dalam menghadapi biaya hidup yang setiap tahun mengalami kenaikan. Tidak tanggung-tanggung, totalnya bahkan bisa menembus angka dua digit.

Data survei biaya hidup (SBH) 2022 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan biaya hidup di Jakarta mencapai Rp 14,88 juta per bulan. Jumlah ini tertinggi di Indonesia.

Baca Juga

Dibandingkan periode pencatatan sebelumnya di 2018, biaya hidup di Jakarta naik 10 persen. Sejumlah kota besar lain seperti Bekasi, Surabaya, dan Depok juga memiliki biaya hidup yang  tidak kalah tinggi. Ketiganya punya rata-rata biaya hidup mencapai Rp13 juta.

Kondisi demikian membuat masyarakat yang hidup di kota-kota besar harus punya upaya  ekstra untuk mengelola keuangannya. Jika tidak hati-hati, pengeluaran bisa membengkak hingga lebih tinggi dari pendapatan.

Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah Eva Dahlia Kusumawati mengatakan kesuksesan pengelolaan keuangan bisa dimulai dari perencanaan anggaran yang bijak. Kartu pembiayaan berbasis syariah bisa menjadi alternatif alat pembayaran.

"Dengan pendekatan yang tepat, kartu pembiayaan dapat digunakan untuk mengelola arus kas yang baik," ujarnya, Rabu (20/12/2023).

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menyusun rencana anggaran bulanan secara terperinci dan gunakan kartu pembiayaan dalam  batas wajar. Pastikan tagihannya tidak lebih besar dari pendapatan bulanan. Selain itu, hindari keterlambatan pembayaran untuk menghindari denda atau biaya tambahan.

Upaya menghemat pengeluaran juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan program promo. Banyak lembaga jasa keuangan, seperti bank memberi potongan harga atau reward point bagi nasabahnya ketika menggunakan produk atau layanan jasa tertentu, seperti saat  menggunakan debit card atau kartu pembiayaan seperti kartu kredit syariah milik Bank Mega Syariah.

"Masyarakat bisa memperoleh manfaat lebih saat bertransaksi dengan menggunakan kartu pembiayaan dari Bank Mega Syariah yang bernama Syariah Card. Syariah Card memberikan potongan harga untuk setiap transaksi di merchant yang merupakan bagian dari CT Corpora di antaranya Transmart, Metro, Wendy’s, Baskin Robbins, Gyu Katsu Nikaido dan masih banyak lagi " ungkapnya 

Selain itu, Syariah Card juga memberikan keuntungan untuk nasabah yang hobi belanja di e-commerce terkemuka dengan mengubah menjadi transaksi cicilan. Makan bersama keluarga  di restoran halal juga menjadi lebih nyaman dengan promo menarik yang ditawarkan Syariah Card, dari semua transaksi yang di lakukan nasabah juga akan selalu dapat kebaikan dengan bersedekah melalui poin.

“Penggunaan Syariah Card juga dapat membantu masyarakat untuk mengelola cash flow atau arus kas harian sehingga dana tunai dapat terjaga sesuai dengan kebutuhan,” ujar Eva Dahlia.

Eva menambahkan, bagi nasabah yang ingin beribadah haji atau umrah atau wisata ke luar negeri, Syariah Card dapat digunakan di seluruh merchant dalam dan luar negeri yang berlogo Visa sehingga tidak perlu repot membawa uang tunai. Nasabah juga dimanjakan dengan fitur cashback hingga Rp 1,5 juta untuk transaksi di negara Arab Saudi, Turki, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Sejak diluncurkan pada April hingga November 2023, Syariah Card terbesar paling banyak  digunakan untuk transaksi retail dan marketplace yaitu mencapai 10,4 persen, transaksi clothing and apparel 10,4 persen dan health & beauty 8,8 persen Sisanya tersebar ke berbagai segmen seperti  restoran, telekomunikasi, kendaraan, travel dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement