Senin 18 Dec 2023 20:59 WIB

Kemenhub Sediakan 4.415 Tiket Angkutan Mudik Kapal Gratis

Jumlah total sekitar 4.415 tiket tersebut terbagi dalam sembilan rute.

Ilustrasi kapal Pelni.
Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Ilustrasi kapal Pelni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) menyediakan sebanyak 4.415 tiket mudik kapal gratis untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dengan tingginya antusiasme libur Nataru dan terhadap angkutan mudik kapal gratis, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub bersama Pelni menyelenggarakan Program Mudik Gratis Angkutan Natal Tahun 2023," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt Hendri Ginting di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Hendri menyampaikan, jumlah total sekitar 4.415 tiket tersebut terbagi dalam sembilan rute yang akan beroperasi, yaitu Kupang-Ende, Balikpapan-Pare-Pare, Makassar-Surabaya, Bitung-Sorong, Makassar-Bau-Bau, Batam-Belawan, Makassar-Bau-Bau, Ambon-Tual, dan Jayapura-Biak.

Hendri mengatakan, rute yang dipilih memang lebih berfokus ke Indonesia Timur dikarenakan banyak masyarakat di Indonesia Timur yang akan merayakan Natal. Pola mudik gratis kali ini berbeda dengan mudik gratis tahun-tahun sebelumnya.

Syarat dan ketentuan lebih lanjut terkait program mudik gratis dapat masyarakat akses melalui linktr.ee/mutisnatal2023kemenhub atau melalui Contact Center Pelni 162.

“Terdapat beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi pemudik sebelum mendapatkan mudik gratis,” lanjutnya.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy mengatakan bahwa program mudik gratis tersebut direncanakan total kuota per ruas sebanyak 500 orang.

"Memang ini direncanakan ini Kemenhub akan membiayai terkait mudik gratis ini per ruas tadi ada 500 orang. Namun, dengan persyaratan khusus, yaitu dengan menunjukkan bahwa ada surat tidak mampu dari instansi setempat. Jadi, untuk menyaringnya jangan sampai yang naik gratis ini orang mampu, jadi persyaratan khususnya dari Kementerian Perhubungan syarat tidak mampu dari instansi atau desa setempat," katanya.

Sementara itu terkait dengan waktu pelaksanaan mudik gratis tersebut, kata dia, disesuaikan dengan jadwal perjalanan kapal di setiap rute tersebut. Untuk periode Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelni menyediakan total 26 kapal penumpang dengan total 50.832 tempat duduk dan sebanyak 42 kapal perintis dengan total 15.978 tempat duduk.

"Menyesuaikan dengan trayek kapal kita, di antara waktu peak season ini," ujar Dessy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement