Ahad 17 Dec 2023 23:44 WIB

Harita Nickel Komitmen Turunkan Stunting di Pulau Obi

Harita Nickel hadirkan dokter kandungan dan dokter anak untuk melayani warga.

Suasana Desa Kawasi dan perairan laut Pulau Obi di sekitar wilayah operasional PT Trimegah Bangun Persada Tbk.
Foto: Istimewa
Suasana Desa Kawasi dan perairan laut Pulau Obi di sekitar wilayah operasional PT Trimegah Bangun Persada Tbk.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Perusahaan pertambangan dan hilirisasi terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Desa Wayaloar, Kecamatan Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku sebagai komitmen untuk menurunkan stunting.

Community Development Superintendent Harita Nickel, Panji Setyadi, Ahad (17/12/2023), mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Harita Nickel untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi permasalahan stunting.

Baca Juga

"Di acara ini warga mendapatkan pemeriksaan lengkap dan pengobatan. Untuk mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting, kami juga menghadirkan dokter spesialis kandungan dan anak," kata Panji.

Selain pemeriksaan kesehatan, pada penutupan rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional 2023 itu juga digelar perlombaan untuk mempromosikan gerakan masyarakat hidup sehat. Di antaranya lomba masakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita, senam kreasi dan jalan sehat.

Sementara itu, dr Azhar Kurniawan SpA, dokter spesialis anak dari RSUD Labuha, menjelaskan stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak akibat kekurangan gizi kronis. Untuk mencegahnya, perlu diperhatikan kebutuhan nutrisi anak sejak dalam kandungan. “Stunting tidak berdiri sendiri. Untuk mencegahnya, bukan hanya pada anak saja, tapi juga pada orang tuanya. Karena ibu yang nutrisinya kurang akan melahirkan bayi yang stunting,” kata dia.

Dia menerangkan, stunting bisa diperbaiki sebelum anak berusia dua tahun. Selebihnya, yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan nutrisi untuk anak. Untuk itu, tegasnya, kebutuhan nutrisi anak sejak dalam kandungan hingga berusia dua tahun harus diperhatikan.

Terkait masih tingginya angka stunting di Kabupaten Halmahera Selatan, menurutnya pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kasus tersebut. Karena itu pihaknya mengapresiasi inisiatif Harita Nickel yang telah membantu pemerintah menanggulangi permasalahan stunting khususnya di Pulau Obi.

"Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan masal ini sangat membantu untuk menjaring desa mana yang sekiranya akan timbul stunting. Selanjutnya akan kita data dan tindaklanjuti, apakah bisa diterapi di sini atau diberikan tindak lanjut ke rumah sakit," terangnya.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang digelar Harita Nickel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Halsel dan Puskesmas setempat diikuti oleh sekitar 400 warga dari berbagai desa lingkar operasional perusahaan di Kecamatan Obi Selatan. Berdasarkan catatan tim medis yang bertugas, penyakit yang dikeluhkan warga diantaranya asam urat, kolesterol dan darah tinggi.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement