Ahad 17 Dec 2023 20:20 WIB

Harbolnas 12.12 Jadi Momentum Penting Pengusaha UMKM Lokal

Harbolnas mendorong UMKM memanfaatkan platform digital jangkau lebih banyak pembeli.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Warga menunjukan promosi potongan harga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di aplikasi belanja daring di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Kementerian Perdagangan menargetkan Rp25 Triliun untuk transaksi belanja daring di periode Harbolnas 12.12 yang diselenggarakan 10-12 Desember 2023.
Foto: ANTARA FOTO/ Erlangga Bregas Prakoso
Warga menunjukan promosi potongan harga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di aplikasi belanja daring di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Kementerian Perdagangan menargetkan Rp25 Triliun untuk transaksi belanja daring di periode Harbolnas 12.12 yang diselenggarakan 10-12 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal melihat Harbolnas 12.12 menjadi momentum penting. Para pengusaha UMKM berharap, acara tahunan ini dapat mendorong dan mendukung UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan menjangkau lebih banyak pembeli.

Seperti PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang resmi bekerja sama dengan platform hiburan TikTok dalam rangka Harbolnas yang disebut kampanye Beli Lokal. Kampanye Beli Lokal ini menjadi kolaborasi perdana dari TikTok dan Tokopedia yang secara khusus diadakan untuk mendorong pembelian produk lokal selama Harbolnas.

Baca Juga

Salah satu pegiat UMKM yang turut merasakan dampak dari kampanye ini adalah Sleep Buddy Bedding. Pemilik Sleep Buddy Bedding Indah Catur Agustin mengatakan, kampanye Harbolnas 12.12 yang telah memberikan dampak yang signifikan bagi produk lokal seperti Sleep Buddy. 

 

Menurut Indah, kampanye tersebut bukan hanya meningkatkan kesadaran akan produk lokal, tetapi juga membantu perekonomian lokal, terutama bagi pengrajin dan pekerja di Sleep Buddy. “Menurut saya sih itu sangat bagus, untuk seperti Sleep Buddy, UMKM lokal Indonesia," kata Indah dalam keterangan, Ahad (17/12/2023).

 

Dalam konteks 12.12, Sleep Buddy juga berhasil mencatat peningkatan penjualan yang cukup mengesankan. Produk-produk seperti sprei dan bed cover dari bahan ramah lingkungan menjadi primadona di antara pelanggan. "Saya sih mesti melihat detailnya. Cuman kalau melihat persentase naiknya ya sampai dua sampai tiga kali lipat," kata Indah. 

 

Hal yang sama juga dirasakan oleh Skindoze yang merupakan salah satu produk perawatan kulit UMKM Lokal, berbahan dasar sarang burung walet yang didirikan oleh Jenifer Widjaja pada tahun 2022.  Menurutnya, kampanye 12.12 adalah momen penting bagi Skindoze karena memberikan peluang besar bagi pelanggan untuk mendapatkan penawaran dan diskon yang menarik.

 

"Ini juga merupakan kesempatan berharga bagi Skindoze untuk meningkatkan income penjualan,” ujar Jenifer.

 

Dengan adanya Kampanye Beli Lokal 12.12, penjualan para pengusaha lokal yang bergabung dengan Tiktok dan Tokopedia sangat terbantu karena mereka memiliki kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Skindoze berharap, kampanye-kampanye seperti ini berlajut.

 

“Kami berharap bahwa kampanye 12.12 akan membawa peningkatan penjualan yang signifikan. Ini adalah kesempatan untuk menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Selain itu, kampanye ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Skindoze di kalangan konsumen, memperkenalkan produk unggulan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga pelanggan yang puas kemungkinan akan kembali untuk pembelian berikutnya,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement