Sabtu 16 Dec 2023 17:00 WIB

Fiberstar Komitmen Dukung Pembangunan Jaringan Fiber Optik di Indonesia

Fiberstar menargetkan mencapai Homepass hingga 1,9 juta di akhir tahun

Branch Manager RegionFiberstar Jawa Barat Andri Martian menyatakan pencapaian homepass sampai November 2023 mencapai 180.000 homepass dengan 8 kota eksisting.
Foto: dok Fiberstar
Branch Manager RegionFiberstar Jawa Barat Andri Martian menyatakan pencapaian homepass sampai November 2023 mencapai 180.000 homepass dengan 8 kota eksisting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FiberStar salah satu penyedia infrastruktur berbasis serat optik berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pembangunan jaringan fiber optik di Indonesia. Seperti di Jawa Barat menurut Branch Manager RegionFiberstar Jawa Barat Andri Martian menyatakan pencapaian homepass sampai November 2023 mencapai 180.000 homepass dengan 8 kota eksisting. 

Region Jawa Barat menurutnya memiliki perencanaan untuk penambahan homepass sebanyak 150.000 dibandingkan tahun ini. Perencanaan tersebut juga akan didukung dengan penambahan di 4 kabupaten dengan total 12 kota.” Ujar Andri.

Sementara menurut Irawan Delfi selaku Network Development Division Head mengatakan pencapaian homepass di seluruh wilayah Indonesia sampai dengan akhir tahun 2023 FiberStar berjumlah 1,9 juta. Homepass tersebut  tersebar di 135 kota dan 17 provinsi, dari pulau Sumatera Jawa-Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan hingga Sulawesi Selatan. 

FiberStar berinisiatif melakukan penambahan 1 juta homepass di tahun 2024, hingga akhir 2024 Fiberstar memiliki total Homepass menjadi 2,8 juta homepass. Untuk peningkatan kehandalan jaringan serta modernisasi jaringan Backbone, pada tahun 2023 Fiberstar sudah selesai melakukan modernisasi dan mengintegrasikan jaringan backbone Jawa – Bali baik di darat maupun melalui kabel laut Jakarta - Surabaya dengan teknologi ASON dari HUAWEI. 

Dengan integrasi jaringan kabel darat dan kabel laut tersebut memungkinkan jaringan memulihkan diri secara pintar jika terjadi ganguan pada salah satu jalur kabel optik sehingga ganguan layanan bisa di minimalisir dan meningkatkan kehandalan dari jaringan tersebut.

“Teknologi yang sama juga sudah di implementasikan pada jaringan antar Data Center yang berada di Jabodetabek dengan kapasitas besar. Modernisasi dengan teknologi terkini di butuhkan semata mata demi kepuasan pelanggan setia kami,” ujar Irawan.

Andri menambahkan selain target homepass, ada beberapa target lainnya yang harus dicapai dari sisi bisnis. “Kita juga memiliki target untuk meningkatkan pelayan after sales yang lebih baik untuk para klien dan partner," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement