Jumat 15 Dec 2023 14:20 WIB

BP Tapera Gandeng Jepang Kembangkan Pembiayaan Rumah Subsidi

Kolaborasi terkait saling berbagi informasi dan bertukar pandangan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Foto udara perumahan subsidi di Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (13/12/2023).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Foto udara perumahan subsidi di Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (13/12/2023).

JAKARTA -- BP Tapera bersama Japan Housing Finance Agency (JHF) menandatangani nota kerja sama bidang perumahan subsidi selama dua tahun ke depan. Kerja sama ditandatangani pada Jumat (15/12/2023) di Langham Hotel Jakarta oleh Komisioner BP Tapera, Adi Setianto dan Senior Executive Director JHF,  Yoshida Hideo.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto, menuturkan, kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka pertukaran informasi terkait penelitian dan program instrumen keuangan untuk pembiayaan perumahan.

Baca Juga

"Di mana, ini dapat meningkatkan stabilitas pasar perumahan dan pasar pembiayaan perumahan. Kemudian instrumen penghimpunan dana untuk mengoptimalkan penyediaan rumah bagi rumah tangga berpendapatan menengah ke bawah, serta informasi mengenai pasar perumahan dan pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dan Jepang," ujar Adi usai penandatanganan di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Selain itu, kerja sama turut dilakukan dalam rangka tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan pengungkapan untuk kelancaraan pelaksanaan program pembiayaan perumahan, hingga perbandingan sistem pembiayaan perumahan.

 

Lebih lanjut, Adi menambahkan, kerja sama ini juga untuk keperluan pertukaran informasi terkait dengan perbandingan standar perumahan, dan teknologi. Selain itu juga perbandingan antara mengidentifikasi berbagai prospek, hambatan, tantangan dan strategi untuk meningkatkan minat investor publik dan swasta di sektor pembiayaan perumahan.

“Kami ingin memperkuat hubungan kerja sama dibidang penelitian dan program terkait pembiayaan perumahan bersubsidi dan dukungan pasar perumahan. Melakukan eksplorasi solusi untuk masalah perumahan, bertukar informasi dan program di bidang perumahan,” ungkap Adi.

Pada kesempatan yang sama, Senior Executive Director JHF,  Yoshida Hideo menyampaikan, metode kerja sama yang akan dilaksanakan adalah saling berbagi informasi dan bertukar pandangan tentang pasar perumahan dan pembiayaan perumahan baik di Indonesia dan Jepang.

Kerja sama ini dilatarbelakangi di tahun 2022. BP Tapera melakukan kunjungan ke JHF dalam rangka menjalin kerja sama dengan institusi internasional dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai ekosistem pembiayaan perumahan yang ada di Jepang.

Kemudian pada tahun yang sama JHF Bersama Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan perumahan Kementerian PUPR dan Sarana Multigriya Finansial (SMF) telah merilis dokumen penelitian bersama terhadap pasar keuangan perumahan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement