Kamis 07 Dec 2023 16:39 WIB

Erick Thohir: BRI Salurkan 83 Persen dari Rp 1.600 Triliun Kredit UMKM Himbara

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 diikuti oleh 700 UMKM yang terkurasi.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri BUMN Erick Thohir ditemani Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama BRI Sunarso menjawab pertanyaan wartawan usai Upacara Pembukaan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir ditemani Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama BRI Sunarso menjawab pertanyaan wartawan usai Upacara Pembukaan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Presiden Joko Widodo selalu mendorong Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) agar membangun ekosistem bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Himbara, kata dia, diharapkan dapat mempermudah akses pasar serta pendanaan bagi UMKM.

"Terutama BRI (Bank Rakyat Indonesia), untuk memastikan kita membangun ekosistem untuk UMKM. Di mana ada pendanaan dan akses pasar untuk pendampingan, itu menjadi kunci yang kita jaga bapak (presiden) melihat tahun 2019, itu memang kita selalu jaga sampai hari ini," tuturnya di depan Jokowi dalam Pembukaan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 di Jakarta Covention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Ia menambahkan, empat tahun lalu atau 2019, Himbara sudah berhasil mendorong ekosistem UMKM. Kini melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, lanjutnya, terdapat 700 UMKM yang berpartisipasi.

"Bisa dilihat kalau slogannya Brilianpreneur itu semakin bersinar seperti berlian," tutur Erick.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan Himbara sudah mendorong sekitar 30 juta pelaku UMKM masuk sistem digital, selain memberikan akses pembiayaan.

Lalu total pendanaan yang disalurkan Himbara ke UMKM telah mencapai Rp 1.600 triliun sampai September 2023. Erick mengungkapkan, 83 persen diantaranya disalurkan oleh BRI.

Kementerian BUMN, sambung dia, juga mendorong Himbara lainnya bisa meningkatkan pembiayaan ke UMKM.

"Bapak presiden selalu berpesan kepada kita, rawat yang kecil menjaga UMKM. Itu bukti nyata pemerintah hadir dan kerja nyata untuk masyarakat Indonesia," jelasnya.

Perlu diketahui, ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR diselenggarakan pada 7 sampai 10 Desember 2023 sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri. Lewat program ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor nasional.

Tahun ini, menjadi yang kelima penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Tema yang diambil yakni Crafting Global Connection atau merakit koneksi global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement