Rabu 06 Dec 2023 20:38 WIB

LRT Sumsel Perpanjang Jam Operasional di Malam Tahun Baru 2024

LRT Sumsel memperpanjang jam operasional hingga pukul 01.00 WIB.

Ilustrasi perjalanan LRT Sumsel.
Foto: Antara/Feny Selly
Ilustrasi perjalanan LRT Sumsel.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kereta api ringan (light rail transit) Sumatera Selatan atau LRT Sumsel memperpanjang jam operasional hingga pukul 01.00 WIB di malam pergantian tahun baru pada 31 Desember 2023. Di hari biasa, LRT Sumsel beroperasi mulai dari pukul 05.06 WIB hingga 20.43 WIB. Adapun perpanjangan jam operasional di malam tahun baru juga telah dilakukan di tahun sebelumnya.

"Tahun ini juga kita akan melakukan hal yang sama (perpanjang jam operasional) termasuk menambah train set dari enam menjadi tujuh train set di beberapa jam peak hour," kata Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) Rode Paulus G.P dalam Ngobras "Optimalisasi Pelayanan LRT Palembang” di Palembang, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga

Penambahan train set tersebut, lanjut Rode, akan meningkatkan jumlah perjalanan dari 94 menjadi 104 perjalanan. Rode mengungkapkan, penambahan jam operasional di malam tahun baru pada tahun lalu cukup berdampak signifikan terhadap peningkatan jumlah penumpang. Ia mencatat penumpang LRT pada tanggal 31 Desember 2022 mencapai 22 ribu penumpang. Bahkan, pada hari berikutnya, yaitu 1 Januari 2023, jumlah penumpang menembus angka 33 ribu penumpang.

"Ini penyebabnya karena ada beberapa jalan ditutup selain juga jam operasional yang diperpanjang sampai jam 00.30 WIB," katanya.

 

Rode memprediksi, peningkatan penumpang pada malam tahun baru nanti akan mencapai 7-10 persen atau sekitar 23 ribu penumpang pada 31 Desember 2023 dan 34 ribu penumpang pada 1 Januari 2024.

"Kami juga sedang diskusikan agar feeder juga tetap beroperasi sehingga banyak orang yang merayakan tahun baru dan meninggalkan kendaraan pribadinya. Tapi soal feeder ini belum resmi. Kita upayakan feeder bisa dilayani dengan jam yang sama dengan LRT," kata Rode.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement