Selasa 05 Dec 2023 22:32 WIB

Program Kartu Prakerja Kembali Gelar Pelatihan Gratis, Ini Syaratnya

Acara itu menghadirkan 359 judul pelatihan peningkatan keterampilan secara daring.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Kartu Prakerja kembali menggelar program pelatihan gratis dan berbiaya murah. Setelah mendapat antusiasme publik pada tiga gelaran sebelumnya, Indonesia Skills Week (ISW) edisi Desember pun siap diluncurkan.

ISW kembali terbuka bagi masyarakat umum. Acara itu menghadirkan 359 judul pelatihan peningkatan keterampilan secara daring dengan tiga jenis keistimewaan yaitu pelatihan gratis, pelatihan seharga Rp 20 ribu, dan pelatihan dengan diskon 50 persen lebih.

Baca Juga

Prakerja rutin menyelenggarakan ISW setiap dua bulan sekali. Sebelumnya, ISW pada Juni 2023 menyediakan 263 pelatihan, ISW pada Agustus 2023 menampilkan 292 pelatihan, dan ISW edisi Oktober 2023 menggelar 361 pelatihan dengan harga khusus.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksanaan Prakerja Denni Puspa Purbasari mengajak masyarakat mengikuti Indonesia Skills Week karena terbuka bagi semua kalangan. “Berbeda dengan Prakerja yang pesertanya dibatasi sesuai Peraturan Presiden, beasiswa pelatihan dalam ISW bisa diikuti oleh ASN, anggota TNI/Polri, aparat desa, pelajar, mahasiswa, dan juga alumni Prakerja,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (4/12/2023).

 

Dijelaskan, keistimewaan ISW yaitu inklusif yang bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk alumni Prakerja sendiri. Jadi bagi yang sudah pernah menjadi penerima Prakerja pun bisa kembali mengembangkan diri melalui berbagai pelatihan di ISW. 

Untuk mengikuti ISW, calon peserta harus berusia minimal 18 tahun dan terlebih dulu memiliki akun Prakerja dengan dipersilakan datang ke laman ISW skillsweek.prakerja.go.id dan memilih pelatihan yang diinginkan. Tidak ada batasan jumlah pelatihan yang bisa dipilih oleh peserta, selama voucer yang disediakan oleh Lembaga Pelatihan masih tersedia. 

Indonesia Skills Week periode Desember 2023 dibuka pada 8 Desember 2023 dengan batas pembelian terakhir ditutup pada 15 Desember 2023 pukul 23.59 WIB. Jika belum memiliki akun Prakerja, calon Peserta cukup melakukan registrasi melalui www.prakerja.go.id.

Selain pelatihan gratis dan berbiaya terjangkau, ISW juga menghadirkan webinar series bertujuan memberikan ketertarikan bagi alumni untuk menumbuhkan minat belajar dan layanan pascapelatihan bagi Peserta Prakerja. Beberapa topik webinar series yang dijadwalkan dalam ISW kali ini meliputi ‘Di balik Layar Independent Filmmaker’, ‘Financial Literacy untuk Pekerja’, ‘Persiapkan Karir Impianmu Sekarang, Mengintip Peluang Karir Digital Masa Depan’, ‘Masa depan pekerjaan di bidang AI’ dan ‘Introduction to Industri Transportasi: Kebutuhan, Tantangan dan Peluang Kerja’.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement