Senin 04 Dec 2023 06:46 WIB

Nggak Perlu ke Samsat, Ini Lokasi Layanan SIM Keliling di Jabodetabek Hari Ini

Jam operasional layanan SIM Keliling di Kota Bekasi dimulai pukul 08.00 sampai 10.00

Rep: Ali Mansur/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas melayani warga yang memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) di layanan SIM keliling di kawasan Kalibata, Jakarta.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Petugas melayani warga yang memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) di layanan SIM keliling di kawasan Kalibata, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu dokumen yang harus selalu dibawa ketika sedang mengendarai kendaraan bermotor. Namun SIM memiliki masa berlaku yang harus segera diperpanjang jika masa berlakunya akan habis. Kini memperpanjang  masa berlaku SIM lebih mudah dan efisien dengan adanya pelayanan SIM Keliling yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Depok dan Kota Bekasi.

Di wilayah DKI Jakarta, SIM Keliling tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat. Untuk di Jakarta Timur SIM Keliling berada di Mall Grand Cakung, Jakarta Barat di Mall Citraland dan Jakarta Utara di LTC Glodok. Lalu untuk wilayah Jakarta Selatan di Kampus Trilogi Kalibata dan di Jakarta Pusat pelayanan SIM Keliling berada di Kantor Pos Lapangan Banteng. Pelayanan SIM Keliling di Jakarta dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Sementara untuk pelayanan SIM Keliling di Depok tersedia di dua titik. Lokasi pertama di Honda Motor Care di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Lokasi kedua di Burger King Bojongsari, di Jalan Raya Bojongsari, nomor 8, Depok, Jawa Barat. Untuk jam pelayanan pada Senin (4/12/2023) dimulai pukul 07.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Sementara untuk waktu layanan SIM Keliling bagi warga kota Bekasi hanya satu lokasi, yaitu di Mitra 10 Harapan Indah di Jalan Harapan Indah Boulevard, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat. Kemudian untuk jam operasional layanan SIM Keliling di Kota Bekasi pada pada hari ini Senin (4/12/2023) dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB. Sebelum memperpanjang SIM di SIM Keliling segala persyaratannya harus dilengkapi lebih dulu.

 

Namun perlu diketahui, layanan SIM Keliling hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C, yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Kemudian untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, adalah Rp 80 ribu untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75 ribu untuk perpanjangan SIM C. 

Berikut syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut:

1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku

2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli

3. Tes Psikologi SIM

4. Surat Keterangan Sehat. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement