Sabtu 02 Dec 2023 06:19 WIB

DAMRI Ganti Armada Bus Bandara Soekarno-Hatta Secara Bertahap

Peremajaan bus DAMRI untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan penumpang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Bus DAMRI. Perum DAMRI secara bertahap mulai mengganti armada bus untuk Angkutan Bandara Soekarno Hatta.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Bus DAMRI. Perum DAMRI secara bertahap mulai mengganti armada bus untuk Angkutan Bandara Soekarno Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum DAMRI secara bertahap mulai mengganti armada bus untuk Angkutan Bandara Soekarno Hatta. Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI Dadan Rudiansyah mengatakan peremajaan bus tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan penumpang.

Dadan memastikan DAMRI akan fokus pada peremajaan armada bus khusus layanan Bandara Soekarno Hatta. “Mengingat operasional dari dan menuju bandara merupakan jalur tersibuk sehingga perlu armada bus yang prima agar mampu melayani secara maksimal,” kata Dadan dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (1/12/2023). 

Baca Juga

Selain untuk peningkatan layanan kepada pelanggan, Dadan mengatakan peremajaan armada dan penambahan headway keberangkatan dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta juga diupayakan. Hal tersebut diupayakan dari beberapa titik keberangkatan diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi karena akses pergerakan penumpang bisa terlayani dengan cepat. 

“DAMRI merevitalisasi sebanyak 98 unit armada yang akan dioperasikan khusus untuk layanan Angkutan Bandara Soekarno Hatta,” ucap Dadan. 

Secara desain dan warna armada baru tersebut dibuat tidak jauh berbeda dengan armada lama. Dia menegaskan, DAMRI tetap memprioritaskan armada andal yang dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. 

Selain itu, DAMRI juga akan mengevaluasi kinerja armada baru ini setelah resmi beroperasi pada 1 Desember 2023. Dia mengatakan, perusahaan tengah fokus untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan bus dengan memacu peremajaan armada. 

“Target kita di tahun 2023 ini adalah peremajaan armada bus dengan tujuan menyediakan armada yang modern dan berbasis teknologi,” ucap Dadan.

Sebanyak 98 unit yang dioperasikan DAMRI berjenis medium dengan kapasitas 19 tempat duduk dilengkapi dengan fasilitas reclining seat, charging spot, luggage rack, dan konfigurasi seat 2-1. Armada baru tersebut akan resmi beroperasi pada 1 Desember 2023 untuk sejumlah rute Angkutan Bandara Soekarno Hatta.

Berikut rutenya.

  1. Gambir – Bandara Soekarno Hatta
  2. Rawamangun – Bandara Soekarno Hatta
  3. Blok M – Bandara Soekarno Hatta
  4. Bekasi Barat – Bandara Soekarno Hatta
  5. Bekasi Timur – Bandara Soekarno Hatta
  6. Harapan Indah – Bandara Soekarno Hatta
  7. Tanjung Periok – Bandara Soekarno Hatta
  8. Kampung Rambutan – Bandara Soekarno Hatta
  9. Lebak Bulus/Poins Square – Bandara Soekarno Hatta
  10. Cikarang – Bandara Soekarno Hatta
  11. Pasar Minggu – Bandara Soekarno Hatta
  12. Serpong – Bandara Soekarno Hatta

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement