Jumat 01 Dec 2023 21:34 WIB

Kehadiran BRI Dirasakan Masyarakat Desa Megulungkidul

Berkat alokasi dana CSR BRI, kini desa terus berkembang menjadi desa maju.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda
Kepala Desa Megulungkidul, Malik Khairul Anam mengatakan, Desa Brilian merupakan salah satu program pemberdayaan desa yang diinisiasi Bank BRI.
Foto: Febrianto Adi Saputro/REPUBLIKA
Kepala Desa Megulungkidul, Malik Khairul Anam mengatakan, Desa Brilian merupakan salah satu program pemberdayaan desa yang diinisiasi Bank BRI.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOREJO -- Kehadiran Bank Rakyat Indonesia (BRI) di desa dirasakan masyarakat Desa Megulungkidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Berkat alokasi dana CSR BRI, kini desa terus berkembang menjadi desa maju.

"Alhamdulilah hasil dari kompetisi Desa Brilian itu kami menerima CSR berupa satu miliar rupiah dari BRI itu sangat membantu sekali, sangat bermanfaat sekali," kata Kepala Desa Megulungkidul, Malik Khairul Anam, saat ditemui, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga

Desa Brilian merupakan salah satu program pemberdayaan desa yang diinisiasi Bank BRI sebagai bentuk komitmen BRI dalam mengembangkan desa. Pada tahun 2022, Desa Megulungkidul mengikuti kompetisi Desa Brilian. 

"Pada Batch I kami mendapat predikat juara I tingkat regional Yogyakarta, kemudian kami berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Malam Nugraha Karya Desa Brilian yang diikuti 15 desa, Alhamdulilah kami mendapat predikat juara 3 nasional," ucapnya.

 

Khairul mengaku tak menyangka desanya di beri alokasi dana CSR oleh BRI. Dana tersebut kemudian dimanfaatkan untuk pengembangan Bumdes di Dusun Sabin yang telah ia bangun sejak 2019. 

"Rencananya nanti Dusun Sabin ini menjadi sentra perekonomian masyarakat desa dan juga harapan kami itu juga untuk masyarakat kecamatan pituruh," ujarnya. 

Ia mengatakan selama ini desanya belum memiliki showroom produk umkm. Melalui dana CSR BRI tersebut mereka menyulap sawah menjadi tempat untuk memamerkan dan menjual produk UMKM mereka.

"Insyaallah selambat-lambatnya insyaaallah Februari itu sudah launching new Dusun Sabin, artinya Dusun Sabin dengan wajah baru. Itu lokasi dana dari CSR BRI," kata dia.

photo
Klaster perikanan di Desa Megulungkidul, binaan BRI. - (Febrianto Adi Saputro/REPUBLIKA)

 

Selain itu dana CSR BRI tersebut juga digunakan mengembangkan sejumlah klaster yang ada di Desa Megulungkidul. Sejumlah klaster yang menerima manfaat CSR tersebut yakni klaster perikanan, klaster kelapa, kelaster gula merah, klaster batik, hingga klaster anggur.

"Dengan adanya bantuan CSR BRI, kita buatkan showroom UMKM-nya. dan juga ada pemberdayaan lain seperti klaster anggur, gula merah, budidaya perikananya itu mendapat alokasi dari dana CSR tersebut," ucapnya. 

Selain memberi manfaat bagi UMKM, BRI juga memberi manfaat kepada masyarakat Megulungkidul. Salah satunya adalah dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat dan beasiswa bagi anak-anak berprestasi di Megulungkidul.

"Yang jelas hadirnya BRI itu sangat memberi perubahan siginifikan, contoh ya, klaster umkm ini juga mendapat perhatian khusus dari BRI, entah berupa aplikasi dana, entah berupa Kredit Usaha Rakyat atau produk-produk BRI lainnya itu yang jelas prioriritas, karena itu Desa Brilian. terus juga dari BRI beasiswa Rp 100 juta untuk 20 siswa-siswi berprestasi, masing-masing mendapat beasiswa Rp 5 juta. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement