Selasa 28 Nov 2023 15:59 WIB

Meski Ganti Bahan Baku Pro Israel, Penjualan Haus! Tetap Oke

Keputusan menggunakan bahan baku pengganti dapat diterima sebagai sebuah inovasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Minuman Haus.
Foto: Dok. Haus
Minuman Haus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Haus! menjadi salah satu brand minuman lokal yang menyatakan dengan tegas dukungannya terhadap perjuangan Palestina. Dalam surat terbuka di akun media sosial, Instagram, @haus.indonesia, Haus! mengganti semua produk bahan bakunya dan brand menghentikan kerja sama dengan brand yang terindikasi berafiliasi dengan Israel sampai ada terdapat keputusan lanjutan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak 16 November 2023.

"Untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan pada #SobatHaus (sebutan kepada pelanggan Haus), serta karyawan internal dengan mengikuti Fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 untuk menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel," ujar CEO dan Co-founder Haus Gufron Syarif saat dihubungi Republika di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga

Gufron menyampaikan keputusan Haus yang mendukung Palestina mendapatkan sambutan positif dari para pelanggan.

Tanggapan positif serupa juga didapat dari inisiatif penggantian bahan baku substitusi pada menu-menu Haus.

 

"Secara umum, kebijakan yang kami ambil untuk mengganti sejumlah bahan baku menuai tanggapan positif. Hal ini dapat dilihat dari komentar dan postingan positif #SobatHaus menanggapi surat pernyataan terbuka yang resmi dikeluarkan Haus," ucap Gufron.

Gufron menyebut dukungan terhadap Palestina dan mengganti bahan baku yang berasal dari produk yang terafiliasi dengan Israel tak menyurutkan minat pelanggan. Gufron mengatakan kebijakan mengganti sejumlah bahan baku menuai tanggapan positif, termasuk dari segi penjualan.

"Pada dasarnya, masyarakat Indonesia sendiri suka mencoba hal-hal baru. Sehingga keputusan menggunakan bahan baku pengganti dapat diterima sebagai sebuah inovasi baru dari menu yang kami sajikan," sambung Gufron.

Dari sisi penjualan atau sales performance, Gufron mengatakan, menu Choco Cheese Crunchy dengan topping subtitusi brand cokelat Take it, masih menempati posisi sebagai salah satu varian best seller Haus.

Gufron menambahkan, Haus akan terus berinovasi dalam menghadirkan sajian produk dengan bahan baku berkualitas dan pelayanan yang unggul. Haus juga mengedepankan kerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki visi dan values yang sama.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement