Selasa 28 Nov 2023 12:17 WIB

BIJB Kertajati Catat Jumlah Penumpang Hampir 50 Ribu Orang dalam Sebulan

Artinya masyarakat Jawa Barat sudah sangat antusias terbang melalui Bandara Kertajati

Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat jumlah penumpang yang menggunakan fasilitas penerbangan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, itu sudah mencapai 49.689 orang selama periode 29 Oktober-27 November 2023.

"Untuk penumpang dari 29 Oktober sampai dengan kemarin Senin (27/11), total 49.689 penumpang," kata Direktur Utama (Dirut) PT BIJB Muhammad Singgih di Majalengka, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga

Singgih mengatakan, dengan jumlah penumpang sebanyak itu, masyarakat di Jawa Barat sudah sangat antusias untuk terbang melalui Bandara Kertajati menuju tujuh rute domestik yang tersedia saat ini. Tingginya antusiasme penumpang, kata dia, bisa dilihat dari data load factor atau tingkat keterisian pesawat yang melayani penerbangan komersial di bandara tersebut.

Meski data tingkat keterisian tersebut bersifat fluktuatif, rata-rata load factor di BIJB Kertajati per harinya sudah di atas 70 persen. "Load factor (tingkat ketersediaan) memang berbeda setiap harinya. Tapi secara rata-rata makin membaik. Secara rata-rata saat ini sudah di atas 70 persen," ujar Singgih.

 

Pihaknya merasa optimis bahwa jumlah penumpang di Bandara Kertajati akan meningkat seiring berjalannya waktu. Selain ditunjang dengan fasilitas yang tersedia, akses menuju bandara tersebut pun kini sudah lebih mudah untuk dijangkau.

Oleh sebab itu, pihaknya secara aktif melakukan sosialisasi dan promosi melalui sejumlah platform untuk menjangkau pangsa pasar baru, yakni masyarakat di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Saya mendorong kepada masyarakat utamanya yang dari Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat, untuk memilih Bandara Kertajati sebagai tempat pilihan terbang," kata dia.

Menurut dia, sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 lalu, Bandara Kertajati sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang aktivitas penerbangan komersial. Dengan demikian, ujar Singgih, Bandara Kertajati dapat menjadi pilihan utama sebagai pintu destinasi penerbangan di Jawa Barat dan sekitarnya.

"Untuk media dan juga seluruh masyarakat sampaikan seluas-luasnya bahwa ini bandara telah dioperasikan penuh dan layak untuk menjadi pilihan," ujar Singgih.

Sebelumnya, Manajemen BIJB Kertajati mendata sampai 11 November 2023 terdapat lebih dari 17.000 penumpang yang melakukan perjalanan udara di bandara tersebut. Dari data itu, ada tiga rute penerbangan domestik yang menjadi favorit di kalangan penumpang. Misalnya, perjalanan Kertajati-Denpasar yang dalam sehari melayani tiga hingga empat kali penerbangan.

Kemudian, ada perjalanan Kertajati-Makassar dan Kertajati-Denpasar juga memiliki tingkat penerbangan cukup tinggi. "Kami berusaha meningkatkan terus (pelayanan) supaya kenyamanan penumpang saat di Bandara Kertajati lebih optimal dan lebih baik," katanya.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement