Jumat 24 Nov 2023 16:22 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Jadi Bandara Paling Ramah Keluarga, Ini Strategi AP II

Bandara Soekarno-Hatta diketahui memiliki beragam fasilitas untuk keluarga.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara di dunia yang paling ramah keluarga. Lembaga asal San Francisco, AS, yakni The Family Vacation Guide sebagai penyedia informasi terpercaya untuk liburan keluarga, menyatakan Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat kedelapan di dunia dengan skor 9,08 dalam daftar The World’s Most Family-Friendly Airports 2023. 

Metode penilaian yang diterapkan The Family Vacation Guide adalah dengan membuat daftar 77 bandara internasional terbesar di dunia, lalu menganalisis kualitas bandara bagi keluarga dengan melihat persentase ketepatan keberangkatan dan pembatalan penerbangan (data dari OAG.com), lalu ketersediaan WiFi unlimited, kemudian pilihan tempat makan dan beraktivitas bagi keluarga (dilihat juga dari Tripadvisor dan website bandara). 

Baca Juga

Berdasarkan metode itu, Bandara Soekarno-Hatta ditetapkan memiliki 92 tempat F&B bagi keluarga, menyediakan unlimited WiFi, dan keluarga dapat melakukan 45 aktivitas di bandara.  

Bandara Soekarno-Hatta diketahui memiliki beragam fasilitas bagi keluarga. Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan, fasilitas disiapkan secara khusus dan gratis.

 

“Fasilitas-fasilitas terus kami tambah secara berkelanjutan di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. Kami berharap dapat menambah kesenangan keluarga saat bepergian,” ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya dikutip Republika.co.id, Jumat (24/11/2023)

Fasilitas bagi keluarga di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya Game Station yang menyediakan konsol gim dilengkapi dengan virtual reality bagi keluarga. Kemudian, terdapat Kid Zone dengan mini playground yang terdapat di sejumlah titik di terminal penumpang. 

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki Tourism Activity Center di terminal penumpang yang dilengkapi virtual reality untuk keluarga menjelajah beragam destinasi wisata di Indonesia. Fasilitas selanjutnya bagi keluarga adalah Reading Corner yang menyediakan berbagai jenis buku dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Bandara Soekarno-Hatta juga menyediakan jalur khusus atau fast track di area Security Check Point bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil. Bagi keluarga yang ingin menunaikan ibadah bersama-sama, di Bandara Soekarno-Hatta terdapat ratusan mushola dengan dimensi luas di terminal penumpang. Selain itu, juga terdapat enam masjid di kawasan bandara. 

Fasilitas berikutnya adalah golf car gratis di Terminal 3 yang bisa digunakan satu keluarga secara bersama-sama untuk menuju boarding gate guna naik pesawat. Terminal penumpang di Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan nursery room yang dilengkapi sterilizer untuk menyimpan ASI serta area untuk mengganti popok. Nursery room ini dibuka 24 jam setiap harinya. 

Ia menambahkan, warganet juga telah banyak memberikan ulasan positif atas fasilitas di nursery room ini. Seperti yang disampaikan salah satu akun di medsos X pada 28 Oktober 2023, di mana akun itu melalui teks dan video menyampaikan ruangan nursery room di Terminal 3 memiliki alat yang lengkap, bersih dan menunjukkan adanya private room bagi ibu dan anak. 

Bagi keluarga yang bepergian dengan anak kecil, di terminal penumpang tersedia baby stroller agar lebih mudah dalam melakukan perjalanan.

Bandara Soekarno-Hatta juga menyediakan toilet bagi keluarga dengan dimensi yang luas dan dilengkapi fasilitas seperti meja mengganti popok serta pegangan (handle) bagi lanjut usia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement