Kamis 23 Nov 2023 18:21 WIB

Wuih, Wuling Berikan Mobil Listrik Tipe Ini Garansi Seumur Hidup

Garansi seperti itu merupakan sebuah gebrakan baru di dunia mobil listrik.

-Wuling mengumumkan bahwa mobil listrik (BEV) terbarunya BinguoEV diberikan garansi komponen inti seumur hidup.
Foto: Antara
-Wuling mengumumkan bahwa mobil listrik (BEV) terbarunya BinguoEV diberikan garansi komponen inti seumur hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Wuling mengumumkan bahwa mobil listrik (BEV) terbarunya, BinguoEV, dilengkapi garansi komponen inti seumur hidup. Namun, terdapat tujuh syarat untuk dapat mengklaim garansi tersebut.

“Kasus gugurnya garansi itu dapat terjadi jika ada pelanggaran atau menyalahi ketentuan dari tujuh poin (syarat),” kata Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko ditemui di Tangerang, Banten, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga

Garansi seperti itu merupakan sebuah gebrakan baru di dunia mobil listrik, dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Bukan hanya baterai, garansi seumur hidup Wuling BinguoEV juga diberikan untuk dua komponen inti lainnya, yakni motor penggerak elektrik dan motor control unit (MCU).

Dari tujuh poin tersebut, syarat pertama adalah pemilik mobil BinguoEV harus merupakan tangan pertama, atau mobil belum pernah dipindahtangankan.

 

Syarat kedua, jarak tempuh Wuling BinguoEV tidak melebihi 30 ribu kilometer per tahunnya. Kemudian, kerusakan di luar tiga komponen inti tidak ditanggung ke dalam garansi.

Komponen yang termasuk dalam garansi adalah power battery, motor penggerak, dan motor control unit atau MCU. “Jadi, di luar tiga komponen itu tidak masuk ke dalam garansi,” Danang menjelaskan.

Keempat, unit kendaraan hanya boleh digunakan untuk penggunaan pribadi, bukan mobil operasional perusahaan maupun komersil. Syarat kelima, garansi hanya bisa diklaim apabila kendaraan secara rutin melakukan perawatan servis berstandar di dealer resmi PT SGMW Motor Indonesia (Wuling).

Syarat keenam, hanya unit kendaraan yang tetap menggunakan spare parts asli Wuling yang dapat menggunakan garansi. Dan yang terakhir, garansi akan dinyatakan gugur apabila ketiga komponen inti tersebut telah dimodifikasi, atau rusak akibat tabrakan, terbakar, maupun faktor alam seperti banjir.

“Garansi itu salah satu bentuk perlindungan saja. Sebenarnya kalau komponen utama (baterai) BinguoEV ini dia punya sertifikasi IP67. Jadi, kalaupun dia terendam banjir dalam waktu yang tidak terlalu lama itu masih aman,” ujar Danang.

Program garansi komponen inti seumur hidup hingga saat ini menjadi penawaran khusus untuk BinguoEV varian 410 kilometer. Sementara bagi varian 333 kilometer, Wuling memberikan garansi selama 8 tahun.

Wuling BinguoEV merupakan mobil listrik berjenis hatchback lima pintu yang disebut akan diproduksi di Indonesia. Danang mengatakan, peluncuran resmi saudara Air EV itu akan dilakukan pada akhir tahun 2023.           

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement