Kamis 23 Nov 2023 09:20 WIB

Aquabike Jetski World Championship Dihelat, Bandara Silangit Sibuk Layani Penerbangan

Bandara Raja Sisingamangaraja XII disiapkan untuk mendukung Danau Toba.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Penumpang turun dari pesawat menuju pintu kedatangan setibanya dari jakarta di Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (2/9/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Penumpang turun dari pesawat menuju pintu kedatangan setibanya dari jakarta di Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (2/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Silangit, Tapanuli Utara mendukung penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba yang digelar pada 22-26 November 2023. Sejak kejuaraan dunia jetski itu dihelat, Bandara Raja Sisingamangaraja XII sibuk melayani trafik penerbangan penumpang.

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura (AP) II Cin Asmoro mengatakan sibuknya lalu lintas penerbangan dapat ditangani dengan baik. 

Baca Juga

“Adanya event internasional Aquabike World Championship turut menggairahkan penerbangan dari dan ke Silangit. Melalui kolaborasi yang baik, AP II, dan stakeholder dapat mengakomodir permintaan penerbangan yang ada," kata Cin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (22/11/2023).

Sejak pekan lalu, telah tiba sekitar 200 atlet dan official. Begitu juga dengan para wisatawan domestik dan mancanegara yang mayoritas mendarat pada akhir pekan lalu atau pada 18-19 November 2023.

 

“Pada akhir pekan lalu yakni Sabtu, 18 November 2023, jumlah penumpang pesawat tercatat 1.097 orang atau naik sekitar 66 persen dibandingkan 18 November 2022. Sementara untuk Ahad, 19 November 2023, penumpang mencapai 1.447 orang atau naik 25 persen dibandingkan tanggal yang sama tahun lalu,” ujar Cin.  

Meskipun lalu lintas penerbangan cukup tinggi khususnya akhir pekan lalu, Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat tetap dengan baik mempertahankan standar pelayanan dalam menyambut baik kedatangan atlet, official, dan wisatawan. Dia memastikam ledatangan atlet, official, dan wisatawan berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami berharap hal ini dapat turut mendukung kesuksesan Aquabike World Championship di Danau Toba yang sudah dimulai sejak 22 November, 2023” tutur Cin.

Cin menambahkan, wisatawan diperkirakan masih akan terus berdatangan mengingat event Aquabike World Championship akan berlangsung hingga akhir pekan ini.

Bandara Raja Sisingamangaraja XII disiapkan untuk mendukung Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

"Sejalan dengan itu, AP II terus melakukan pengembangan berkelanjutan di bandara ini mencakup terminal penumpang, perluasan apron, penambahan taxiway, dan perpanjangan runway, serta parkir kendaraan bermotor," jelas Cin.

Cin memastikan AP II berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk InJourney sebagai holding BUMN Pariwisata dan Pendukung dalam menyambut kedatangan para peserta dan wisatawan. Para atlet dan official datang dari luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII.

"Penanganan kedatangan peserta di kedua bandara itu dilakukan dengan baik oleh AP II dan seluruh pihak untuk mendukung kesuksesan event internasional ini,” ungkap Cin.

Dari Bandara Soekarno-Hatta, para atlet, official dan wisatawan memiliki sejumlah pilihan penerbangan untuk menuju Bandara Silangit. Beberapa diantaranya  yakni maskapai Citilink, Super Air Jet, AirAsia Indonesia  dan Batik Air. 

Bandara Raja Sisingamangaraja XII juga siap mendukung Kompetisi Balap Dayung Solu Bolon terbesar yang diselenggarakan di kawasan Waterfront City, Pangururan, Samosir pada 24 November 2023. Kompetisi tersdbuy turut memeriahkan event Aquabike Jetski World Championship.

“Kompetisi Solu Bolon akan menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan ajang Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Dengan keikutsertaan tim dari kabupaten di sekitar Danau Toba, kompetisi ini akan menjadi bagian dari Pesta Rakyat yang meriah dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat yang hadir di Danau Toba,” ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement