Kamis 16 Nov 2023 18:53 WIB

GIIAS 2023 Hadir Perdana di Kota Bandung

Pangsa pasar kendaraan bermotor nasional kedua berasal dari Bandung.

Pengunjung memadati ruang pamer kendaraan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, GIIAS juga kini hadir di Bandung.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pengunjung memadati ruang pamer kendaraan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, GIIAS juga kini hadir di Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 untuk pertama kalinya hadir di Kota Bandung pada 22-26 November 2023. GIIAS Bandung diikuti 18 pabrikan kendaraan bermotor yang akan tampil dengan menghadirkan produk-produk terbarunya.

“GIIAS Bandung akan menjadi agenda penting bagi industri otomotif Indonesia, untuk memperkenalkan model dan teknologi baru dari kendaraan terkini, khusus untuk masyarakat Jawa Barat," kata Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga

Dari 18 merek kendaraan bermotor, kata dia, 15 merek di antaranya kendaraan penumpang. Yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitshubushi Motors, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen dan Wuling.

“Sedangkan ada tiga merek sepeda motor, yakni Benelli, Keeway dan Royal Enfield, serta berbagai industri pendukung otomotif yang turut hadir dalam penyelenggaraan GIIAS Bandung,” kata dia.

Kukuh menuturkan Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki posisi penting dalam industri otomotif nasional. Sebesar 15,6 persen pangsa pasar kendaraan bermotor nasional berasal dari tersebut dan menempati posisi kedua nasional dalam periode Januari-Agustus 2023.

"Saat ini posisi Jawa Barat dalam peta pencapaian industri kendaraan bermotor nasional sudah sangat baik, namun Kami rasa potensi Jawa Barat masih terus dapat didorong dan dimaksimalkan,” katanya.

Karena itu, kata dia, penyelenggaraan GIIAS Bandung 2023 sangat berpotensi untuk terus tumbuh, melihat perkembangan dan pencapaian industri otomotif di Jawa Barat yang cukup pesat. “GIIAS Bandung akan menjadi agenda penting bagi industri otomotif Indonesia, untuk memperkenalkan model dan teknologi baru dari kendaraan terkini, khusus untuk masyarakat Jabar," kata Kukuh.

Menurut dia, kehadiran GIIAS Bandung akan memenuhi keingintahuan masyarakat Jawa Barat akan inovasi industri kendaraan bermotor terkini. "Kami terus bersinergi bersama-sama untuk menyukseskan penyelenggaraan GlIAS, khususnya juga di Kota Bandung agar terus dapat membangkitkan industri otomotif nasional serta meningkatkan perekonomian daerah," katanya.

Sementara itu, Sri Vista Limbong, Project Director Seven Event selaku penyelenggara GIIAS Bandung mengatakan nantinya pengunjung yang hadir akan diberikan kesempatan untuk dapat merasakan teknologi canggih dan inovatif dari pabrikan motor yang hadir di kegiatan tersebut. "Pada area test drive yang telah Kami siapkan, pengunjung dapat menguji kendaraan terbaru dari berbagai pabrikan otomotif peserta GIIAS Bandung, mulai dari mobil konvensional hingga kendaraan ramah lingkungan," kata Vista.

Pengunjung bisa membeli tiket secara online dengan harga Rp 15 ribu pada Rabu (22/11/2023) hingga Jumat (24/11/2023), dan Rp 25 ribu pada Sabtu (25/11/2023) dan Ahad (26/11/2023). Selain itu, pengunjung dapat juga membeli tiket di arena pameran yakni di Sudirman Grand Ballroom Bandung dengan harga Rp 20 ribu pada Rabu-Jumat dan Rp 30 ribu pada Sabtu-Ahad.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement