Selasa 14 Nov 2023 17:51 WIB

Produk Perikanan Indonesia Raup Transaksi Rp 38,47 Miliar di Busan

Produk-produk perikanan dan makanan laut Indonesia kembali jadi primadona.

Pekerja menunjukkan produk perikanan hasil UKM nelayan yang akan diekspor menuju Dongguan, China pada Gudang pendingin di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta, Sabtu (13/6/2020).
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Pekerja menunjukkan produk perikanan hasil UKM nelayan yang akan diekspor menuju Dongguan, China pada Gudang pendingin di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta, Sabtu (13/6/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk perikanan dan makanan laut Indonesia meraup transaksi sebesar 2,56 juta dolar AS atau sekitar Rp 38,47 miliar pada pameran The Busan International Seafood & Fisheries Expo (BISFE 2023) di BEXCO, Busan, Korea Selatan, pada 1-3 November 2023.

Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan (Kemendag) Merry Maryati mengatakan, produk-produk perikanan dan makanan laut Indonesia yang aman dan berkualitas kembali menjadi primadona. Pameran ini pun dianggap sebagai jembatan untuk memperluas jaringan.

Baca Juga

"Pameran ini menjadi salah satu jembatan kemitraan bisnis perikanan antara pelaku usaha perikanan Indonesia dengan calon pembeli (buyer) di Korea Selatan dan negara lainnya," ujar Merry melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Pada pameran ini, Paviliun Indonesia diisi oleh sembilan peserta, terdiri atas perusahaan yang terpilih dari berbagai provinsi yang menampilkan berbagai ragam produk unggulan ikan dan olahan ikan.

 

Selain menampilkan produk, peserta juga melakukan penjajakan bisnis (business matching) dengan calon pembeli (buyer) yang mayoritas berasal dari Korea Selatan.

"Paviliun Indonesia menempati lahan strategis serta menampilkan produk-produk unggulan yang digemari dan diminati pasar Korea Selatan, seperti gurita, cumi, udang, tuna, kakap, kepiting, serta berbagai ragam produk makanan olahan ikan dan hasil laut," jelas Merry.

Ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar Korea Selatan pada 2022 tercatat mencapai 96,4 juta dolar AS. Ekspor produk perikanan Indonesia ke Korea Selatan antara lain ikan filet, ikan beku, moluska, gurita, udang dan rumput laut.

Tren ekspor produk perikanan Indonesia dalam lima tahun terakhir (2018-2022) tumbuh sebesar 8,4 persen.

Selain Indonesia, eksportir utama produk perikanan ke Korea Selatan di antaranya Rusia, Tiongkok, Vietnam, Norwegia, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Peru, Taiwan dan Hong Kong. Produk perikanan yang diimpor Korea Selatan itu antara lain udang, kepiting, gurita, ikan beku dan salmon.

 

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement