Kamis 09 Nov 2023 16:25 WIB

Mendag Zulhas Persilakan Boikot Produk Pro Israel

Zulhas mengatakan, Pemerintah Indonesia mengutuk keras serangan Israel ke Gaza.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam acara Program Akselerasi Ekosistem UMKM Digital di Yogyakarta, Senin (6/11/2023).
Foto:

Ia menyampaikan, ia bersama Presiden Joko Widodo segera bertolak ke Arab Saudi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Jumat (10/11/2023).

Pada pertemuan tersebut, Jokowi juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden untuk membahas secara khusus masalah konflik di Gaza, Palestina. Zulhas lantas membandingkan sikap barat dalam konflik Israel-Palestina dengan Rusia-Ukraina yang amat timpang.

Perang Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung hampir dua tahun menelan sekitar 3.000 korban anak-anak dari pihak Ukraina. Sementara, perang di Gaza, Palestina telah menelan lebih dari 4.000 anak-anak hanya dalam waktu satu bulan. Ia kembali menegaskan, perlakuan yang dilakukan Israel terhadap Palestina sangat bertentangan dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan yang dijungjung tinggi oleh masyarakat Indonesia.  

"Kita mempertanyakan barat itu di mana, yang selalu ngomong HAM, kemanusiaan. Saudara bandingkan, Ukraina itu ributnya kayak apa dengan Rusia, ini satu bulan 4.000 anak-anak mati kok diam seribu bahasa," kata dia. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement