Senin 06 Nov 2023 17:58 WIB

Pertamina SMEXPO 2023 Sukses, Omzet Penjualan Ritel Naik 293 Persen

Ajang SMEXPO mencatat transaksi bisnis mencapai Rp 13 miliar

Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 sukses digelar. Rangkaian acara yang berlangsung sejak 31 Oktober hingga 5 November 2023 di Gandaria City Mall, Jakarta ini mampu menarik perhatian konsumen, dengan nilai transaksi ritel mencapai Rp 1,3 Miliar atau naik 293 persen dibandingkan Pertamina SMEXPO Jakarta tahun 2022, atau yang saat itu sebesar Rp 450 juta.
Foto: Dok Pertamina
Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 sukses digelar. Rangkaian acara yang berlangsung sejak 31 Oktober hingga 5 November 2023 di Gandaria City Mall, Jakarta ini mampu menarik perhatian konsumen, dengan nilai transaksi ritel mencapai Rp 1,3 Miliar atau naik 293 persen dibandingkan Pertamina SMEXPO Jakarta tahun 2022, atau yang saat itu sebesar Rp 450 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 sukses digelar. Rangkaian acara yang berlangsung sejak 31 Oktober hingga 5 November 2023 di Gandaria City Mall, Jakarta ini mampu menarik perhatian konsumen, dengan nilai transaksi ritel mencapai Rp 1,3 miliar atau naik 293 persen dibandingkan Pertamina SMEXPO Jakarta tahun 2022, atau yang saat itu sebesar Rp 450 juta.

Ajang ini juga mencatatkan komitmen transaksi bisnis dari pembeli dalam dan luar negeri sebesar Rp 13 miliar atau bertumbuh dari tahun sebelumnya Rp 10 miliar. 

Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono mengatakan, gelaran Pertamina SMEXPO 2023 bertujuan mendorong UMKM binaan untuk melangkah ke kancah internasional. Melalui SMEXPO, UMKM meningkatkan percaya dirinya, sejalan dengan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar sekaligus berinovasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar.

“Pertamina SMEXPO 2023 tidak hanya sekedar pameran produk UMKM. Juga sebagai wadah pembinaan yang disiapkan Pertamina bagi pelaku UMKM yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar,” ujarnya dalam penutupan Pertamina SMEXPO 2023, di Gandaria City Jakarta, Ahad (5/11/2023).

 

Erry menambahkan, omset penjualan selama enam hari kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 di Jakarta mencapai target yakni sebesar Rp 1,3 Miliar dari pembeli ritel, serta sebanyak Rp 13 miliar dari potensial transaksi konsumen bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan memesan dalam jumlah banyak. 

Pembeli dari sektor bisnis ini terwujud dari kegiatan business matching atau temu bisnis, yang disediakan oleh Pertamina sebagai rangkaian dari acara Pertamina SMEXPO 2023. Temu bisnis ini berhasil mempertemukan pembeli potensial, termasuk pengusaha hotel, restoran, cafe, hingga korporasi.

Diantaranya yakni Kadin dan pengusaha Indonesia dari berbagai wilayah, serta pebisnis Malaysia, Tiongkok, Korea, hingga Amerika Serikat. Maraknya konsumen asing ini mencerminkan harapan Pertamina dalam mengembangkan UMKM binaannya ke kancah global, sejalan dengan tema Pertamina SMEXPO 2023 “Melangkah dari Lokal ke Global”. 

Rekor MURI

Pertamina SMEXPO 2023 juga menjadi perhatian dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Di sela penutupan SMEXPO 2023 di Jakarta, MURI memberikan penghargaan atas komitmen Pertamina dalam memberikan pelatihan para penyandang disabilitas yang berkarya melalui UMKM. 

Penghargaan ini diberikan oleh Triyono, Perwakilan MURI, kepada Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono.  "Kami dari MURI memberikan piagam kepada  Pertamina atas komitmen yang telah memberikan pelatihan inklusi dan disabilitas. Ini bukan hanya meningkatkan softskill namun mampu memberikan pasar atau peluang bagi pelaku UMKM disabilitas untuk menuju ke pasar global," ujarnya.  

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, pada tahun 2022 hingga 2023 Pertamina telah memberikan pemberdayaan kepada lebih dari 500 difabel. Beberapa diantaranya  sudah mampu mandiri dan terserap oleh masing-masing industri, seiring dengan berkembangnya sektor UMKM  tersebut.  

Sementara itu, komunitas disabilitas atau Sobat Istimewa Pertamina tahun ini terlibat pada SMEXPO 2023 melalui enam UMKM binaan, yaitu Kresna Patra, Safina Quilt, Merajut Asa Kita, Rumah Jahit Lestari, Mutiara Handycraft, Batik Sasambo.

" Pembinaan UMKM ini menjadi upaya Pertamina dalam mendorong kemandirian masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, termasuk bagi komunitas difabel untuk makin percaya diri, berdaya guna, dan mandiri." ungkap Fadjar.

Selain di Jakarta, SMEXPO 2023 juga diselenggarakan di tiga kota besar lainnya, yakni Balikpapan (26-28 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023), dan Pekanbaru (15-19 November 2023). Tak dapat hadir secara langsung pada SMEXPO, masyarakat masih dapat mengakses platform virtual www.smexpo.pertamina.com untuk melihat berbagai produk UMKM binaan Pertamina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement