Rabu 01 Nov 2023 21:07 WIB

PLN Salurkan Kebutuhan Listrik di Tikep

Light Up The Dream merupakan program dengan sematan Listrik untuk Nyalakan Mimpi.

Program Light Up The Dream PLN menyediakan pasang baru gratis ke keluarga kurang mampu di Tidore Kepulauan (Tikep).
Foto: PLN.
Program Light Up The Dream PLN menyediakan pasang baru gratis ke keluarga kurang mampu di Tidore Kepulauan (Tikep).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) mengimplementasikan program Light Up The Dream di area kerjanya dengan menyediakan pasang baru gratis ke keluarga kurang mampu di Tidore Kepulauan (Tikep).

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dihubungi, Rabu (1/11/2023), mengatakan Light Up The Dream merupakan program dengan sematan Listrik untuk Nyalakan Mimpi yang diperoleh dari donasi Insan PLN dan disalurkan melalui program listrik gratis juga serentak diberikan ke warga kurang mampu di Sofifi, Tidore Kepulauan.

Dia menyebut, melalui Program LUTD, setiap ULP yang berada di bawah UP3 Sofifi yaitu ULP Sofifi, ULP Jailolo, ULP Weda dan ULP Maba memberikan bantuan listrik gratis kepada Masyarakat yang kurang mampu dan belum berlistrik. Sebanyak 14 Pelanggan penerima bantuan LUTD tersebar di seluruh unit di bawah PLN UP3 Sofifi.

Penyalaan secara serentak dilaksanakan pada 30 Oktober 2023 kemarin dan langsung dilakukan oleh Manager ULP dan juga diikuti oleh Manajemen UP3 Sofifi di salah satu Kantor Pelayanan. Program LUTD ini sudah dijalankan oleh UP3 Sofifi dan menjadi kegiatan rutin di setiap bulannya.

Bertepatan dengan momentum Hari Listrik Nasional ke 78, secara khusus PLN UP3 Sofifi menyiapkan sebanyak 14 penerima bantuan listrik gratis. Kado spesial di Hari Listrik Nasional merupakan impian masyarakat kurang mampu yang sudah mendambakan hadirnya listrik sejak lama.

Sebagian besar mereka menjalani aktivitas sehari-hari tanpa menggunakan listrik dan bahkan menyalurkan dari tetangga karena keterbatasan biaya untuk mendapatkan listrik dari PLN.

Dengan hadirnya LUTD, diharapkan dapat memberikan manfaat dan memberikan penerangan kepada masyarakat yang menerima bantuan dalam menjalankan aktivitas dan terutama memberikan penerangan kepada anak-anak di malam hari saat mereka belajar.

"Program ini akan terus kami jalankan dan melalui momentum Hari Listrik Nasional ke- 78, semoga memberikan kehidupan yang lebih baik, menyejahterakan dan memperbaiki ekonomi masyarakat yang kurang mampu," ujarnya.

Sementara itu, Manager UP3 Sofifi M. Burhanuddin M. Hasan, di sela-sela penyalaan serentak LUTD, bukan saja di Tidore Kepulauan, tetapi di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Pasang baru listrik secara gratis juga dilakukan di Tobelo, Maluku Utara. Empat keluarga kurang mampu di daerah itu akhirnya dapat menikmati listrik 24 jam melalui program Light Up The Dream.

Penyaluran bantuan penyalaan listrik gratis serentak ini dilakukan pada dua unit di bawah UP3 Tobelo, yaitu ULP Tobelo dan ULP Daruba. Penyalaan listrik ini dilakukan serentak di ULP Tobelo dan ULP Daruba oleh Manager UP3 Tobelo beserta karyawan dan karyawati PT PLN (Persero) UP3 Tobelo.

Bertepatan dengan HLN ke- 78 PLN UP3 Tobelo menghadirkan senyum benderang untuk masyarakat kurang mampu dan tersambung listrik di rumah-rumah merupakan jawaban dari harapan warga yang menantikan hadirnya listrik selama bertahun-tahun.

Listrik kini dapat dinikmati dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga, sehingga dapat membantu kelancaran aktivitas dan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi warga.

Sedangkan, Sudirman Rauf, salah satu warga Desa Wawama, Daruba menyatakan apresiasi ke PLN telah nyalakan lampu dan anak-anak sudah bisa belajar dalam kondisi malam. "Program Light Up The Dream ini dijalankan berdasarkan komitmen dan dukungan seluruh karyawan dan karyawati PT PLN (Persero) UP3 Tobelo, semoga dengan hadirnya listrik gratis ini dapat membantu warga dalam meningkatkan kesejahteraan dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi," ujar Sarif Selang Manager UP3 Tobelo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement