Rabu 01 Nov 2023 16:35 WIB

Targetkan Jalan Tol IKN Rampung Juni 2024, Jokowi: Waktu Tempuh Cuma 50 Menit

Progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55 persen.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri)d disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kiri) menekan tombol saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri)d disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kiri) menekan tombol saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menargetkan jalan tol penghubung Balikpapan ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa dipakai pada pertengahan tahun 2024 mendatang. Saat meninjau langsung progres pembangunan jalan tol di area proyek pada Rabu (1/11/2023), Jokowi menyebut saat ini progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55 persen.

"Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai," kata Jokowi dalam keterangan persnya.

Baca Juga

Jokowi menyebut bahwa pembangunan jalan tol tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat. Jika biasanya perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memerlukan waktu 2 jam 15 menit, dengan hadirnya tol baru tersebut waktu tempuhnya menjadi sekitar 50 menit saja.

"Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," ujar Jokowi.

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

"Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement