Senin 30 Oct 2023 12:47 WIB

PLN Kerahkan Personel Hingga Peralatan Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Bantuan merupakan salah satu wujud aksi kepedulian korporasi kepada masyarakat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Tiga petugas kepolisian melakukan pembasahan pada lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat, (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Tiga petugas kepolisian melakukan pembasahan pada lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN Indonesia Power kerahkan bantuan serta peralatan pendukung penanggulangan bencana untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, serta di Jawa barat.

Sekretaris Perusahaan PLN Indonesia Power Agung Siswanto mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu wujud aksi kepedulian korporasi kepada masyarakat serta upaya dalam menjaga keanekaragaman hayati di Tanah Air yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga

"Bantuan ini merupakan perhatian PLN Indonesia Power kepada masyarakat dan lingkungan khususnya di kota Palembang serta Kabupaten OKI khususnya yang terkena dampak Karhutla," ujar Agung Siswanto dalam keterangan resminya, Senin (30/10/2023). 

Di Sumatra Selatan ini, PLN Indonesia Power melalui 3 unitnya UPDK Keramasan, PLTU Suralaya dan PLTU Lontar terjun memberikan bantuan berupa centrifugal pump dan fire pump set. 

Di lokasi lain tepatnya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, PLN IP Kamojang POMU bersama stakeholder terkait dan penggiat lingkungan serta pencinta alam terjun untuk membantu mengatasi karhutla di area seluas 150 hektare tepatnya di sekitar kawasan Tegal Alun Gunung Papandayan yang hangus terbakar. PLN IP Kamojang POMU juga memberikan bantuan berupa peralatan pemadam api konvensional dan logistik. 

Sementara, di Kalimantan Barat tepatnya di Kabupaten Bengkayang, PLN IP melalui UPK Singkawang mengerahkan 1 unit mobil damkar dengan kapasitas tiga ton dan mengerahkan personel dengan peralatan lengkap yang terbagi menjadi tiga shift yaitu pagi, siang dan malam. Adapun sumber air diambil dari kolam penampungan PLTU bengkayang yang digunakan untuk pemadaman di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK Sigit Reliantoro mengapresiasi terhadap upaya PLN Indonesia Power dalam upaya membantu Pemerintah dalam penanganan kebencanaan karhutla di beberapa wilayah di Indonesia.

“Terima kasih kepada PLN Indonesia Power yang sudah membantu penanganan kebakaran lahan dan hutan di wilayah di Indonesia. Ini merupakan upaya yang luar biasa terhadap penanganan kebencanaan. Semoga musibah kebakaran dan lahan di Indonesia dan Sumatra Selatan cepat selesai," kata Sigit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement