Ahad 29 Oct 2023 08:11 WIB

Gathering Honda Bikers Day (HBD) Satukan 34.377 Bikers Honda di Malang

HBD kembali digelar setelah sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Sebanyak 34.377 bikers Honda dari 750 klub di seluruh Indonesia merayakan acara tahunan Honda Bikers Day (HBD) 2023. Puncak acara HBD 2023 berlangsung di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10/2023).
Foto: Dok Astra Honda Motor
Sebanyak 34.377 bikers Honda dari 750 klub di seluruh Indonesia merayakan acara tahunan Honda Bikers Day (HBD) 2023. Puncak acara HBD 2023 berlangsung di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG – Sebanyak 34.377 bikers Honda dari lebih dari 750 klub di seluruh Indonesia berkumpul untuk merayakan persaudaraan dan semangat dalam berkendara di acara Honda Bikers Day (HBD) 2023. Acara besar tahunan para penggemar sepeda motor Honda ini diadakan mulai dari tingkat regional di tiga pulau besar, hingga mencapai puncaknya di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

"HBD adalah bentuk apresiasi kepada komunitas Honda dan sebuah wujud dari hasrat mereka untuk berkumpul, bersatu, dan mempererat tali persaudaraan di antara ribuan penggemar sepeda motor Honda di Indonesia," kata General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor, Andy Wijaya, dalam jumpa pers di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga

HBD ke-12 tahun ini mengangkat tema "Bersama Penuh Arti" yang mencerminkan semangat menemani dan berbagi kebahagiaan dalam berkendara bersama komunitas Honda, yang ada di seluruh Indonesia. Setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, HBD 2023 menjadi momen berharga bagi para bikers untuk bertemu teman lama, memperluas jaringan dengan anggota baru, serta memupuk hubungan yang erat. Kebersamaan ini juga berdampak positif pada masyarakat, terutama pada UMKM di sekitar lokasi.

Sebelum berlangsung di Malang, rangkaian HBD 2023 dimulai dengan HBD regional Sumatra pada 23 September di PKOR Way Halim, Lampung, yang berhasil menyatukan sekitar 5.000 bikers. Kemudian, pulau Kalimantan menjadi tuan rumah HBD pada 30 September di Qubu Resort, Pontianak, Kalimantan Barat, yang dihadiri oleh lebih dari 2.500 bikers. Sementara itu, HBD Regional di Sulawesi dihadiri sekitar 2.000 bikers dan diadakan di Lapangan Rindam XIII Merdeka, Tomohon, Sulawesi Utara pada 7 Oktober 2023.

Acara puncak HBD 2023 di Malang dihadiri para bikers dari seluruh Indonesia. Sebanyak 24.877 bikers dari berbagai daerah bergabung dalam perayaan di Malang.

Kegiatan HBD selalu mencakup elemen-elemen positif dan inspiratif. Selama HBD nasional di Malang, para bikers juga terlibat dalam kegiatan sosial, seperti memberikan tenda kepada UMKM untuk mendukung usaha mereka di sekitar Lapangan Rampal. Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi membersihkan Candi Singosari dan menambah tempat sampah sebagai upaya pelestarian budaya.

Andy mengatakan HBD selalu menawarkan berbagai kegiatan seru yang mempererat kebersamaan bikers Honda, termasuk berbagai permainan individu dan kelompok, pameran merchandise resmi, pameran produk sepeda motor Honda, uji coba sepeda motor Honda, pertunjukan musik, serta kontes modifikasi.

HBD pertama kali diadakan di Pangandaran, Jawa Barat pada 2009. Acara terus berkembang hingga mencapai Malang pada 2023. Penyelenggaraan HBD di tiga pulau dan puncak acara di Malang berkat dukungan berbagai pihak, termasuk main dealer dan komunitas Honda seluruh Indonesia, UMKM di wilayah penyelenggaraan, sponsor, dan berbagai elemen masyarakat yang mendukung penyelenggaraan acara besar ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement