Senin 23 Oct 2023 23:48 WIB

Cara MIND ID Tingkatkan Kualitas SDM Lewat Program Manajemen XPLORER

MIND ID XPLORER merupakan bentuk komitmen perusahaan bangun kompetensi dan kesetaraan

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menunjukkan keseriusan dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya melalui program akselerasi manajemen MIND ID XPLORER. MIND ID melakukan rekruitmen mencari talenta terbaik yang nantinya akan ditempatkan untuk berkarier di Grup MIND ID.
Foto: dok MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menunjukkan keseriusan dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya melalui program akselerasi manajemen MIND ID XPLORER. MIND ID melakukan rekruitmen mencari talenta terbaik yang nantinya akan ditempatkan untuk berkarier di Grup MIND ID.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menunjukkan keseriusan dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya melalui program akselerasi manajemen MIND ID XPLORER. MIND ID melakukan rekruitmen mencari talenta terbaik yang nantinya akan ditempatkan untuk berkarier di Grup MIND ID. 

Program manajemen XPLORER merupakan program akselerasi manajemen di mana peserta yang berhasil terpilih akan dibimbing dan dibekali pengetahuan juga pengalaman guna meningkatkan pengetahuan, kapabilitas, dan keahlian yang dibutuhkan agar mampu mengelola komoditas industri pertambangan strategis Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

"Program ini bertujuan meningkatkan pengalaman dan pengetahuan peserta melalui pelatihan langsung di berbagai fungsi dan organisasi. MIND ID XPLORER merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam membangun kompetensi dan kesetaraan melalui program akselerasi dan manajemen," kata Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf, di Jakarta, Jumat, 20 Oktober 2023. 

Peserta program MIND ID XPLORER dibagi ke dalam lima bidang meliputi, operations, supply chain, finance, business, dan corporate services. Program MIND ID XPLORER sudah dilaksanakan sebanyak dua cohort dengan rekrutan total 48 peserta XPLORER termasuk peserta perempuan dengan jumlah 10 orang.

 

Peserta terpilih tersebut menjalani dua tahun masa pengembangan dan melaksanakan empat rotasi kerja dalam lingkup Grup MIND ID meliputi, MIND ID, PT Bukit Asam Tbk., PT Antam Tbk., PT Inalum, PT Freeport Indonesia, PT Timah Tbk., serta MIND ID Trading. 

"MIND ID XPLORER ini menyediakan kesempatan berharga bagi para peserta untk mengembangkan diri dan memperluas pengetahuan mereka melalui pengalaman praktis di anggota Grup MIND ID. Kami terus memberikan nilai lebih untuk Indonesia salah satunya dengan meningkatkan SDM di perusahaan," katanya. 

Peserta mendapatkan latihan yang relevan dengan kebutuhan organisasi saat mengikuti serangkaian materi dalam program MIND ID XPLORER. MIND ID pun berkomitmen terhadap inklusi dan kesetaraan gender dengan adanya keterlibatan 10 peserta perempuan dalam MIND ID XPLORER. Grup MIND ID memberikan peluang setara bagi semua individu untuk berkembang bersama dalam lingkungan kerja yang beragam. 

"Program MIND ID XPLORER menjadi langkah nyata perusahaan dalam menghasilkan talenta handal dan beragam untik mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan BUMN di masa depan," ucapnya. 

Dalam MIND ID XPLORER cohort pertama dari 23 peserta, terdapat empat peserta perempuan atau setara 17 persen dan 19 laki-laki atau mencapai 82 persen. Sementara keterlibatan perempuan dalam cohort kedua mengalami peningkatan menjadi 24 persen atau sebanyak enam peserta perempuan dari 25 peserta MIND ID XPLORER.

Rasio rekrutmen pegawai baru anggota MIND ID meliputi Antam sebesar 0,38 persen, Bukit Asam 0,19 persen, Inalum 3,64 persen, Timah 0,54 persen. Hal ini menunjukkan keberhasilan Grup MIND ID dalam melakukan upaya rekrutmen pegawai baru.

"Dilihat berdasarkan jenis kelamin dalam perekrutan pegawai selama 2022, keterlibatan perempuan cukup bagus yakni dari 107 pegawai baru, 34 di antaranya merupakan perempuan atau sebesar 31,77 persen," kata Heri.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement