Selasa 17 Oct 2023 10:59 WIB

Hujan Segera Mengguyur, Jangan Lupa Pastikan Lima Hal Ini di Rumah

Kerusakan rumah yang baru terungkap saat musim hujan dapat berakibat fatal.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Hujan lebat bisa menimbulkan masalah jika atap rumah bocor/ilustrasi.
Foto: Pexels
Hujan lebat bisa menimbulkan masalah jika atap rumah bocor/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, Indonesia memasuki musim penghujan pada Oktober 2023. Pergantian musim itu kabarnya akan berlangsung secara perlahan dan acak di seluruh Indonesia.

Jelang musim hujan, perusahaan teknologi bidang konstruksi, Gravel, mengingatkan kondisi rumah perlu diperhatikan. Setelah mengalami suhu panas dan kering pada musim kemarau, beberapa komponen bangunan dapat alami penurunan kualitas bahkan kerusakan.

Baca Juga

"Maka sebelum terlambat, sangat penting untuk memeriksa dan memastikan setiap komponen rumah Anda berada dalam kondisi optimal," ujar Co-founder dan CPO Gravel Fredy Yanto dalam keterangan resmi, Senin (16/10/2023).

Ia menambahkan, kerusakan yang baru terungkap selama musim hujan dapat berakibat fatal dan cenderung lebih susah diperbaiki.

Gravel, kata dia, punya lima tips penting yang perlu disiapkan pada rumah atau hunian jelang musim hujan. Sebagai berikut.

Pertama, periksa talang air, pipa pembuangan, dan saluran got. "Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi sistem pembuangan air," kata Fredy.

Pastikan tidak ada sumbatan pada talang air, pipa pembuangan, dan saluran got. Bersihkan daun kering atau sampah yang kadang tersangkut di saluran. Air yang tidak bisa mengalir dengan baik dapat menyebabkan genangan air di sekitar rumah.

Lalu cek fisik pipa, apakah ada keretakan, pecah atau kerusakan lain yang berpotensi kebocoran. Ganti pipa jika diperlukan.

Kedua, periksa dan perbaiki atap rumah. Atap rumah harus dalam kondisi baik. 

Musim kemarau dapat menyebabkan kerusakan pada atap atau membuatnya bergeser. Periksa juga karpet genteng dan plafon untuk melihat apakah ada tanda-tanda kebocoran yang mengindikasikan atap yang rusak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement