Senin 16 Oct 2023 15:50 WIB

Gandeng KAI, Kadin Kembangkan Wisata Kereta Api Royal Java

Kereta api bukan hanya sebagai sarana transportasi tetapi juga destinasi wisata.

Penampakan monumen baru di Stasiun Balapan Solo, Sabtu (7/10/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Penampakan monumen baru di Stasiun Balapan Solo, Sabtu (7/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta, Jawa Tengah berkomitmen mengembangkan pariwisata daerah melalui keberadaan Kereta Api (KA) Wisata dengan mengusung paket Royal Java Train Tour pada Solo Great Sale (SGS) 2023.

Ketua Kadin Kota Surakarta Ferry Septha Indrianto di Solo, Jateng, Senin (16/10/2023), mengatakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui KA Wisata memiliki program yang terkoneksi dengan Pemkot Surakarta dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata.

Baca Juga

"Oleh karena itu, paket wisata Royal Java Train Tour ini merupakan awal dan bisa kami pasarkan ke depan," kata Ferry.

Bahkan, nantinya paket tersebut tidak hanya akan dikembangkan di Kota Solo tetapi juga Solo Raya. Bahkan ke depan bisa dikembangkan dengan melibatkan sejumlah destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah.

 

"Ini awal yang kami harapkan agar paket tersebut bisa dikembangkan di Jawa Tengah," kata dia.

Ketua Komite Tetap Bidang MICE Kadin Surakarta Daryono mengatakan melihat perkembangan kereta api saat ini, Kadin melihat kereta api bukan hanya sebagai sarana transportasi tetapi juga destinasi wisata. Untuk segmentasi pasar yang dituju pada paket wisata Royal Java Train Tour tersebut di antaranya segmen korporasi dan kalangan milenial.

"Bagaimana ini juga memperkuat Solo jadi destinasi MICE. Termasuk kami juga akan angkat sejumlah destinasi wisata seperti Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta," kata Daryono.

Pihaknya juga berencana paket tersebut tidak hanya ada pada saat pelaksanaan SGS tetapi juga di luar itu. "Kami komitmen mengembangkan destinasi lain, seperti kuliner, ekonomi kreatif karena KA Wisata butuh dukungan yang lain," ungkap dia.

Direktur KAI Wisata Hendy Helmy memberikan dukungannya atas kolaborasi antara PT KAI dengan Kadin dan Pemkot Surakarta dalam rangka meningkatkan wisata berbasis kereta tujuan Kota Surakarta. "Diharapkan kolaborasi ini berjalan dengan baik ke depannya dan masyarakat antusias dengan adanya paket wisata Royal Java Train Tour ini," ungkap Hendy.

 

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement