Selasa 03 Oct 2023 10:48 WIB

Jokowi Siapkan Insentif Bagi ASN yang Pindah ke IKN

Selain rumah dinas, ASN juga akan dapat pindah keluarga dan tunjangan kemahalan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Rakornas Korpri: Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Negeri (KORPRI) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2).
Foto:

Jokowi sendiri mengaku mendengar masih ada ASN yang tidak senang terkait pemindahan ASN ke IKN. Namun ia mengingatkan bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau selain Pulau Jawa.

Di Jawa sendiri telah dihuni oleh 56 persen dari 278 juta penduduk Indonesia. Sehingga daya dukung di Pulau Jawa kini semakin sudah tidak memadai.

"PDB ekonomi, 58 persen itu ada di Jawa, perputaran uang, perputaran ekonomi 58 persen ada di Jawa, yang pulau yang lain yang 17 ribu kurang satu tadi dapat apa?" ujarnya.

Karena itu, Jokowi menekankan perlunya dibangun Indonesia sentris, bukan lagi Jawa sentris. Pemerataan perlu dilakukan agar beban tak hanya ada di Jawa. Sebab selama ini Pulau Jawa dan khususnya Jakarta telah menghadapi berbagai kompleks permasalahan akibat padatnya penduduk.

"Apalagi Jakarta, Jawa saja sudah seperti itu apalagi Jakarta. Begitu sangat padatnya, sangat kompleks permasalahannya karena bisnis ada di sini, ekonomi ada di sini, pendidikan ada di sini, pariwisata ada di sini, semua ada di Jakarta. Sehingga perlu digeser agar Indonesia sentris, pindah ke Kalimantan Timur, ke Nusantara," jelas Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement