Selasa 03 Oct 2023 07:00 WIB

Ini Kelebihan IONIQ 5 versi Bluelink, Ada Fitur Anti Maling

Via teknologi ini, Hyundai Call Center bisa memberikan bantuan saat keadaan darurat.

Hyundai serahkan IONIQ 5 dan IONIQ 6 sebagai mobil resmi untuk ASEAN Summit ke 43 dan Archipelagic and Island States Summit 2023 (ilustrasi).
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Hyundai serahkan IONIQ 5 dan IONIQ 6 sebagai mobil resmi untuk ASEAN Summit ke 43 dan Archipelagic and Island States Summit 2023 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) belum lama meluncurkan upgrade kendaraan listrik andalannya IONIQ 5 dengan menyematkan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, yang memiliki segudang fitur, lengkap dengan kelebihan dan kegunaan.

Sama seperti saudaranya Creta, Stargazer, dan Palisade yang juga dilengkapi Bluelink, fitur ini dapat memudahkan pengendara IONIQ 5 dalam mengecek informasi penting tentang kendaraan. Termasuk menghubungkan dengan pusat panggilan Hyundai 7x24 jam secara otomatis jika terjadi keadaan darurat untuk mendatangkan bantuan segera.

Baca Juga

"Dengan teknologi ini, Hyundai Call Center akan siap memberikan bantuan dalam keadaan darurat ketika pengguna sedang berkendara. Aspek-aspek yang ada terkait dengan mobil yang terkoneksi, yang pertama itu ada keselamatan yang menjadi prioritas," ujar After-Sales Service Department PT HMI Ridwan Arifin di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Teknologi Bluelink pada IONIQ 5 sebenarnya memiliki lebih dari 20 fitur untuk memudahkan penggunanya, berikut beberapa di antaranya.

ACN (Auto Collision Notification)

Jika terjadi kecelakaan dan airbag mengembang, sinyal Automatic Collision Notification (ACN) akan secara otomatis dikirimkan ke Hyundai Bluelink Call Center. Setelah menerima sinyal yang dikirim oleh kendaraan pengguna, operator akan menghubungi pengendara melalui mikrofon dan speaker yang berada di dalam kendaraan, memastikan keadaan pengendara lalu menghubungi polisi atau medis untuk segera membantu.

 

SOS / Emergency Assistance

Dalam keadaan darurat, pengendara dapat menekan tombol SOS yang terletak di overhead console di dalam mobil. Hyundai Bluelink Call center akan menghubungi dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan ke lokasi. "Ini cara kerjanya dengan tombol, jadi di dalam kendaraan itu ada tombol Bluelink dan SOS," kata Ridwan.

 

RSA (Road Side Assistance)

Jika mobil bermasalah di tengah perjalanan, pengendara dapat meminta bantuan dengan menekan tombol Bluelink dan operator akan memberitahu lokasi Hyundai Service Center terdekat atau mengirimkan mobil derek ke lokasi pengguna.

 

Stolen Vehicle Notification, Tracking, dan Immobilization

Ketika seseorang membuka paksa mobil, pemilik akan menerima notifikasi melalui aplikasi Bluelink di ponsel. Layanan ini akan memberikan pemilik kesempatan untuk merespon lebih cepat jika terjadi pencurian atau saat alarm mobil menyala.

Kemudian jika mobil telah berhasil dicuri, pemilik dapat menghubungi Hyundai Bluelink call center untuk bantuan pelacakan mobil dengan memberikan informasi lokasi dan rute yang dilalui pencuri. Setelah melaporkan pencurian mobil, pemilik dapat meminta operator untuk mematikan mesin mobil sepenuhnya dari jarak jauh agar pencuri tidak dapat menghidupkannya kembali.

"Jadi ketika ada percobaan pencurian atau IONIQ 5 telah dicuri, kita bisa bantu untuk recovery dengan layanan fitur jarak jauh," kata Ridwan.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement