Selasa 03 Oct 2023 06:00 WIB

Kereta Cepat Masih Dibuka Gratis, Tapi Tiket Sudah Ludes

Promo tersebut menindaklanjuti arahan dari Presiden Jokowi dan Menko Luhut.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali membuka pendaftaran gratis untuk menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung pada kemarin (2/10/2023) untuk keberangkatan 3-7 Oktober 2023. Berdasarkan pantauan Republika pada pagi ini, Selasa (3/10/2023) melalui laman ayonaik.kcic.co.id, semua tiket keberangkat dari Stasiun Halim menuju Bandung dan Tegalluar pada semua tanggal tersebut sudah habis. 

KCIC memastikan pendaftaran untuk menggunakan KA Cepat secara gratis dibuka secara bertahap. Promo tersebut sekaligus menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada saat peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim, Senin (2/10/2023).

Baca Juga

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, Whoosh Experience Program dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi penumpang Kereta Cepat Whoosh. "Penumpang akan mulai merasakan bagaimana pelayanan yang diterapkan pada layanan Kereta Cepat Whoosh tidak hanya saat dalam perjalanan tapi juga di stasiun layaknya nanti saat sudah dikenakan biaya," kata Dwiyana dalam pernyataan tertulisnya, Senin (2/10/2023). 

Dia menjelaskan, dalam Whoosh Experience Program tersebut, penumpang mulai dapat memilih tiket kereta yang diinginkan sesuai jadwal perjalanan yang tersedia dan tidak harus pulang pergi (pp). Selain itu juga penumpang sudah mulai menggunakan tiket fisik agar dapat melewati gate in dan gate out

 

"Untuk memberikan kenyamanan, KCIC bersama para mitra juga akan menghadirkan bazaar kuliner dan hiburan bagi penumpang saat menunggu di Stasiun Halim," ujar Dwiyana. 

Pada masa promo, masyarakat bisa memesan tiket Kereta Cepat Whoosh dengan ketentuan registrasi dilakukan hanya di web ayonaik.kcic.co.id. Setiap pemesan hanya dapat melakukan registrasi untuk dua penumpang dalam setiap transaksi 

Lalu peserta menunjukan bukti registrasi email yang berisi kode booking dan ID Card untuk melakukan penukaran tiket di loket counter stasiun pemberangkatan. Nama penumpang yang sudah didaftarkan sesuai ID Card pada saat registrasi tidak dapat diganti pada saat penukaran tiket di loket 

Penumpang tiba di Stasiun maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang telah dipilih. Selain itu, mulai 3 Oktober 2023, masyarakat sudah bisa naik dan turun di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Padalarang dan dapat melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan KA Feeder dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Feeder yang telah disesuaikan dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan Kereta Cepat Whoosh. 

Terdapat 8 perjalanan KA setiap harinya dengan 4 rute yang dapat dipesan yaitu Halim – Bandung, Halim – Tegalluar, Bandung – Halim, dan Tegalluar – Halim. Untuk bisa sampai ke area stasiun Kereta Cepat Whoosh, KCIC sudah menyediakan sejumlah aksesibilitas dan integrasi moda. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement