Rabu 27 Sep 2023 14:28 WIB

Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Pertama Pakai Teknologi Terbaru di Luar China

Sejauh ini tak ada tantangan mengaplikasikan sistem CTSC 3 pada KCJB.

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang membawa rombongan Presiden Joko Widodo tiba di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang membawa rombongan Presiden Joko Widodo tiba di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputy Chief Engineer proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dari China Railway Signal & Communication (CRSC) Liu Jieping mengatakan bahwa teknologi sistem kendali kereta pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan yang pertama digunakan di luar China.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini merupakan proyek kereta api cepat pertama yang seluruh sistem faktor dan semua rantai industri yang diimplementasikan di luar China," ujar Liu dilansir Antara di Jakarta, kemarin.

Baca Juga

Liu mengatakan, sistem yang dipakai untuk proyek KCJB dari CRSC adalah Chinese Train Control System (CTSC) level 3 yang merupakan set komplet otomatis yang akan semakin meningkatkan aspek keamanan, kualitas pelayanan, dan efisiensi dari operasional KA cepat yang akan diberi nama "Whoosh" ini.

Sistem ini telah diaplikasikan pada kereta cepat di China lebih dari 40 ribu kilometer. CTCS 3 ini merupakan teknologi terbaru yang di gunakan dari China untuk diimplementasikan pada kereta cepat Indonesia dengan jalur yang membentang sepanjang 142,3 kilometer tersebut.

 

Liu juga mengatakan, sejauh ini tidak ada tantangan dalam mengaplikasikan sistem CTSC 3 untuk KCJB di Indonesia. CRSC akan selalu mendampingi staf lokal untuk bisa mengoperasikan sistem dari China ini.

Sementara itu, CRSC juga bekerja sama dengan perusahaan teknologi Huawei dalam aplikasi sistem jaringan komunikasi meliputi transmisi nirkabel dan data network dan memberikan teknologi yang solid serta realibilitas tinggi untuk teknologi KCJB ini.

Sebagai perusahaan penyedia teknologi produk dan servis di bidang perkeretapian, Liu sangat bangga atas terwujudnya KCJB. Ia juga mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung melambangkan Indonesia masuk ke era kereta cepat dan melambangkan simbolis persahabatan Indonesia dan China.

"Kami sangat terhormat bisa menyaksikan dan berpartisipasi dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan CRSC pastinya akan terus bekerja sama di bidang infrastruktur dan produksi antara dua negara ini," kata dia.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement