Ahad 24 Sep 2023 06:55 WIB

Tesla Berencana Bangun Pabrik Penyimpanan Baterai di India

Tsla menawarkan penyimpanan baterai bernama Powerwall.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Logo pabrikan mobil Tesla terlihat di kantor cabang di Bern, Swiss 28 Oktober 2020. Tesla berniat membangun pabrik baterai di India.
Foto:

Baik Tesla, kepala juru bicara pemerintah India maupun kementerian perdagangan tidak menanggapi permintaan komentar.

India telah meningkatkan pasokan listrik ke kota-kota dan desa-desa tetapi masih menghadapi kekurangan listrik pada jam-jam sibuk karena meningkatnya permintaan. Hal ini sebagian besar bergantung pada pembangkit listrik berbasis batu bara karena teknologi penyimpanannya mahal dan belum tersebar luas.

Tahun lalu, India menghadapi krisis listrik terburuk dalam enam tahun terakhir karena masalah transportasi batu bara. Sementara penundaan penambahan kapasitas batu bara dan pembangkit listrik tenaga air telah meningkatkan risiko pemadaman listrik pada malam hari, ketika energi surya tidak tersedia.

Negara ini menargetkan peningkatan kapasitas pembangkit listrik berbahan bakar non-fosil menjadi 500 GW pada 2030, dari 186 GW saat ini. 

Selama kunjungannya ke kampus Tesla di California pada 2015 bersama Musk, Modi meninjau produk tersebut dan kemudian mengatakan bahwa dia senang mendiskusikan bagaimana teknologi baterai dapat membantu petani.

Powerwall Tesla adalah unit ramping setinggi sekitar satu meter yang dirancang digantung di garasi atau di luar rumah. Powerwall ditujukan penggunaan domestik dan komersial ringan, tetapi Tesla mungkin akan mengembangkan solusi yang lebih besar untuk industri jika rencana India tersebut membuahkan hasil, kata sumber kedua, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pejabat India juga telah menyampaikan bahwa Tesla harus berupaya mengurangi biaya produk penyimpanan baterainya, kata sumber pertama, seraya menambahkan bahwa pemerintah dapat membantu membuka pasar dengan permintaan yang diperkirakan tinggi.

Powerwall berharga lebih dari 5.500 dolar AS di California dengan biaya tambahan panel surya. Perusahaan ini memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak federal AS serta insentif negara bagian dan utilitas penyimpanan tenaga surya dan energi.

Pengguna Powerwall di Houston dan Dallas, pertama kalinya, baru-baru ini setuju untuk menjual kelebihan listrik mereka kembali ke jaringan listrik Texas. 

 

 

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement