Ahad 24 Sep 2023 06:55 WIB

Tesla Berencana Bangun Pabrik Penyimpanan Baterai di India

Tsla menawarkan penyimpanan baterai bernama Powerwall.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Logo pabrikan mobil Tesla terlihat di kantor cabang di Bern, Swiss 28 Oktober 2020. Tesla berniat membangun pabrik baterai di India.
Foto: Reuters
Logo pabrikan mobil Tesla terlihat di kantor cabang di Bern, Swiss 28 Oktober 2020. Tesla berniat membangun pabrik baterai di India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Tesla telah menyusun rencana untuk membuat dan menjual sistem penyimpanan baterai di India. Bahkan Tesla sudah mengajukan proposal kepada pejabat India untuk mencari insentif untuk membangun pabrik.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Ahad (24/9/2023) Tesla telah melakukan pembicaraan berminggu-minggu tentang pendirian pabrik kendaraan listrik (EV) baru di India untuk membuat mobil dengan harga sekitar 24.000 dolar AS dengan diskusi diawasi langsung oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Namun, dorongan terhadap energi terbarukan belum dilaporkan sejauh ini.

Baca Juga

Dalam pertemuan baru-baru ini di New Delhi, Tesla mengusulkan untuk mendukung kemampuan penyimpanan baterai di negara tersebut dengan ‘Powerwall’. Ini merupakan sebuah sistem yang dapat menyimpan daya dari panel surya atau jaringan listrik digunakan pada malam hari atau selama pemadaman listrik.

Meskipun Tesla mencari sejumlah insentif untuk mendirikan pabrik penyimpanan baterai, para pejabat India menyampaikan bahwa insentif tersebut tidak akan tersedia. Pemerintah dapat membantu menciptakan model bisnis yang adil bagi perusahaan dengan menawarkan subsidi kepada mereka yang membeli produk tersebut.

Meskipun Tesla dan pemerintah India tetap tertarik pada proposal tersebut, dan New Delhi terus mengkajinya, namun belum ada kepastian apakah rencana tersebut akan terealisasi, kata sumber pertama.

Proposal Powerwall adalah bagian dari rencana perusahaan AS untuk memperluas kehadirannya di India, selain kendaraan listrik, kata sumber kedua, seraya menambahkan bahwa Tesla ingin mencari pelanggan perumahan dan industri untuk sistem penyimpanan baterainya.

“Kalibrasi tingkat kebijakan yang besar akan diperlukan. Niat Tesla adalah memiliki bisnis Powerwall di India,” kata sumber tersebut.

Baik Tesla, kepala juru bicara....

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement