Jumat 15 Sep 2023 13:12 WIB

Erick Ungkap Peran Srikandi BUMN dalam Lingkungan Kerja yang Inklusif

Erick menargetkan 2023 sebanyak 25 persen direksi BUMN berasal dari kaum perempuan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka acara Srikandi BUMN Goes To Campus 2023 di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. (ilustrasi)
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka acara Srikandi BUMN Goes To Campus 2023 di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka acara Srikandi BUMN Goes To Campus 2023 di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Melalui pesan videonya, Erick menjelaskan visi dan misi yang ditugaskannya kepada Srikandi BUMN ini.

"Melalui Srikandi BUMN, Kementerian BUMN ingin menciptakan lingkungan kerja yang inklusif bagi siapa saja tanpa memandang gender atau latar belakang lainnya," ucap Erick pada Jumat (15/9/2023).

Baca Juga

Erick menargetkan pada 2023 sebanyak 25 persen direksi BUMN berasal dari kaum perempuan. Untuk itu, berbagai program telah disiapkan, mulai dari penjaringan talenta hingga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi perempuan.

"Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus ini menjadi kesempatan yang baik bagi kalian semua untuk dapat mengenal lebih dekat peran penting BUMN dalam menggerakan roda perekonomian bangsa serta mengeksplore bagaimana kalian bisa berkontribusi bersama BUMN," kata Erick.

 

Ketua Srikandi BUMN, Tina T Kemala Intan mengatakan kegiatan ini sebagai bagian dari amplifikasi kemajuan BUMN dalam percepatan pembangunan berkelanjutan (SDGs) baik di dalam internal perusahaan dan peran sebagai agent of change di masyarakat. Tina menyampaikan agen perubahan dilakukan dengan meningkatkan peran kepemimpinan perempuan di dunia usaha dan pemberdayaan perempuan sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia maupun mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

"Terima kasih kepada PT Surveyor Indonesia yang sudah menyelenggarakan kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo, Kendari hari ini. Semoga para mahasiswi dan mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini," ucap Tina.

Dalam paparanya di Srikandi BUMN Goes To Campus, Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia Lussy Ariani Seba menjelaskan bagaimana BUMN mendorong kesetaraan gender serta kesempatan untuk setiap karyawan dari berbagai latar belakang untuk berkarya di BUMN. Kesetaraan gender ini juga menjadi tujuaj SDGs nomor lima.

"Dalam rangka efektifitas pengelolaan dan pengembangan karyawan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan individu, diperlukan suatu sistem terpadu, terstruktur dan terintegrasi untuk memastikan business sustainability melalui Talent Management. Ini yang dilakukan di Surveyor Indonesia," ujar Lussy.

Sesuai arahan Erick Thohir, ucap Lussy, dengan berbagai talent management tersebut, peran perempuan dalam meningkatkan bisnis Perseroan juga terus meningkat. "Saat ini PT Surveyor Indonesia juga tengah berupaya menciptakan lingkungan kerja yang saling menghargai, keberagaman, tidak ada diskriminasi dan kekerasan," ucap perempuan yang juga menjabat sebagai Anggota Bidang Kajian Perempuan di Srikandi BUMN itu.

Dengan bergai upaya tersebut, Lussy yakin peran BUMN dalam meningkatkan ekonomi nasional akan semakin meningkat.

Program SDGs di PTSI juga diperjelas oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli. Dia memaparkan dalam pemberdayaan masyarakat, PTSI juga mengandalkan program Corporate Social Responsibility (CSR). "Program CSR yang dijalankan PTSI ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga bisa membantu mengurangi kemiskinan, seperti yang menjadi salah sau tujuan SDGs," tambah Lussy.

Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus juga diapresiasi oleh Rektor Universitas Halu Oleo, Prof Muhammad Zamrun Firihu. Dia menjelaskan, dewasa ini perempuan- perempuan Indonesia sudah merambah di segala profesi mulai dari presiden, gubernur, bupati, rektor, sampai pemimpin partai dan lainnya. Artinya perempuan Indonesia itu sudah sangat hebat- hebat, seperti yang sudah di cita-citakan oleh Raden Ajeng (RA) Kartini sekarang sudah mulai terwujud yakni yang memperjuangkan emansipasi wanita.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Srikandi BUMN yang sudah memilih kampus hijau itu menjadi salah satu tujuan sosialisasi bagaimana agar peran-peran BUMN di Indonesia untuk mengawal pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Zamrun.

Selain itu, BUMN yang hadir pada kesempatan ini yaitu PT Surveyor Indonesia, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Antam, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dan Indonesia Power juga memberikan sejumlah bantuan kepada universitas antara lain: pelatihan Awareness Halal dan Awareness TKDN dari Surveyor Indonesia, Sustainability Acceleration Program: Mangrove Center of Excellence dari Antam, pelatihan awareness Dekarbonisasi dari BKI, serta doorprize menarik berupa tabungan emas, laptop, dan lainnya.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan bantuan layanan dan solusi digital bagi kampus dalam bentuk peningkatan kualitas internet di empat titik lokasi UHO. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa makin mengenal peran BUMN dalam mendukung program pemerintah mencapai tujuan berkelanjutan dan mengajak universitas mengambil peran aktif di dalamnya melalui pengetahuan, inovasi, dan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement