Rabu 13 Sep 2023 10:44 WIB

Sedang Operasi Pasar Beras, Mendag Malah Bahas Petani Bawang dan Cabai

Kata Zulhas, ada komoditas pangan yang harganya murah bahkan bikin petani menangis.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat meninjau barang kebutuhan pokok di pasar (ilustrasi).
Foto: Dok. Republika
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat meninjau barang kebutuhan pokok di pasar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat melakukan operasi pasar di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Rabu (13/9/2023), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sempat mengatakan bahwa harga pangan selain beras justru mengalami penurunan harga yang drastis. Hal ini kata Zulhas akan merugikan petani.

"Bahan pangan bahan pokok itu banyak yang sudah turun. Malah ada yang kemurahan, seperti bawang sama cabai. Ini petani bisa mati," kata Zulhas.

Baca Juga

Zulhas menyebut, saat ini bawang merah dibanderol Rp 20 ribu per kilogram. Kata Zulhas, harga ini terlalu murah, karena ongkos produksi petani bawang lebih mahal.

Sedangkan cabai, kata Zulhas, dibanderol Rp 17 ribu per kilogram. Semestinya, kata Zulhas, cabai dibanderol Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram.

"Petaninya nangis itu. Pada rugi ini petani. Pemerintah akan jaga ini. Kita atur dan jaga harga ini," kata Zulhas.

Namun, data Panel Harga Badan Pangan Nasional menunjukkan bahwa harga cabai merah keriting pada Selasa (12/9/2023) dibanderol Rp 37.400 per kilogram. Sedangkan cabai rawit merah dibanderol Rp 34.180 per kilogram. Sedangkan bawang merah dibanderol Rp 23.970 per kilogram.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement