Rabu 06 Sep 2023 21:42 WIB

BPJS Kesehatan Raih Penghargaan 5 Star di Ajang Top GRC Awards 2023

Penghargaan ini menjadi bukti kinerja BPJS Kesehatan dalam melayani masyarakat.

BPJS Kesehatan meraih lima penghargaan di ajang Top GRC Awards 2023.
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan meraih lima penghargaan di ajang Top GRC Awards 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BPJS Kesehatan meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Penghargaan Top GRC (Governance, Risk, and Compliance) Awards 2023, yang merupakan sebuah apresiasi terhadap lembaga/perusahaan yang berkinerja unggul dalam menerapkan tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan. Penghargaan ini menjadi bukti konkret komitmen BPJS Kesehatan untuk menjalankan praktik tata kelola lembaga yang baik.

Penghargaan yang berhasil diraih adalah TOP GRC Awards 2023 # 5 Star, yang menandakan bahwa BPJS Kesehatan telah menunjukkan keunggulan dalam sistem, infrastruktur, dan implementasi yang terkait dengan Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, serta pemanfaatan teknologi digital yang luar biasa. Prestasi ini menempatkan BPJS Kesehatan di level yang sangat eksepsional, mendukung keberhasilan implementasi GRC, dan berkontribusi pada peningkatan kinerja organisasi yang berkelanjutan.

Baca Juga

"Kesuksesan BPJS Kesehatan dalam menghadapi tantangan-tantangan GRC yang kompleks telah menempatkannya pada level yang sangat luar biasa. Dengan pemanfaatan teknologi digital yang inovatif, BPJS Kesehatan telah memperkuat tata kelola organisasi, manajemen risiko yang efektif, dan pemenuhan berbagai peraturan dan ketentuan yang berlaku," terang Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, saat menghadiri kegiatan TOP GRC Awards 2023, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/9/2023).

Selain itu, Ghufron juga menerima penghargaan eksklusif sebagai The Most Committed GRC Leader 2023. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmennya yang tak tergoyahkan dalam mendukung kelengkapan sistem dan infrastruktur GRC di BPJS Kesehatan.

"Keberhasilan BPJS Kesehatan dalam mencapai penghargaan # 5 Star tidak terlepas dari komitmen kuat untuk menjadikan GRC sebagai inti dari strategi bisnis organisasi. Tanpa dukungan dan komitmen tinggi dari seluruh Duta BPJS Kesehatan, sistem, infrastruktur, dan implementasi GRC yang baik, hal ini tidak akan bisa dicapai," ujar Ghufron

Ia mengatakan, melalui TOP GRC Awards, harapannya terjadi peningkatan kesadaran dan komitmen dalam penerapan GRC di seluruh stakeholder. Praktik tata kelola yang baik, manajemen risiko yang cerdas, dan pemenuhan ketat terhadap peraturan adalah kunci untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi pada pembangunan perekonomian nasional.

"BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya dan mempertahankan standar keunggulan dalam semua aspek GRC. Prestasi ini tidak hanya menginspirasi sektor kesehatan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi semua stakeholder untuk mengadopsi praktik-praktik GRC yang terbaik, demi memajukan bangsa Indonesia,” ucap Ghufron.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG), Mardiasmo, menyampaikan bahwa implementasi GRC adalah komponen kunci sebuah organisasi untuk mencapai keberhasilan, dan beroperasi dengan efisien dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks. Implementasi GRC membantu organisasi mencapai tujuan dengan cara yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

"Hal ini juga memungkinkan organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan regulasi yang terus berubah. Selain itu, GRC juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam sebuah organisasi/perusahaan. Organisasi dengan implementasi GRC yang kuat cenderung lebih mampu menjaga keberlanjutan bisnis mereka dalam jangka panjang," jelas Mardiasmo.

Ketua Dewan Juri Top GRC Awards 2023, Antonius Alijoyo, juga mengatakan bahwa dengan semakin efektifnya implementasi GRC ini, maka kinerja bisnis lembaga/perusahaan di Indonesia akan tetap aman dan tumbuh dengan baik. Kepercayaan masyarakat akan tetap terjaga dan bahkan makin meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement