Selasa 29 Aug 2023 15:41 WIB

Stargazer X Penuh Fitur Canggih, Penantang Serius di Kelas LSUV

Perbedaan paling kentara Hyundai Stargazer seri terbaru adalah tampilan eksterior.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Friska Yolandha
Peluncuran Stargazer X meramaikan persaingan kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Tanah Air.
Foto: Republika/Mas Alamil Huda
Peluncuran Stargazer X meramaikan persaingan kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Peluncuran Stargazer X meramaikan persaingan kelas low sport utility vehicle (LSUV) di Tanah Air. Produk baru dari Hyundai ini muncul dengan berbagai fitur canggih dengan harga yang kompetitif dibandingkan pesaing di kelasnya.

Basis dari Stargazer X ini sama dengan Stargazer yang sebelumnya sudah lebih dulu mengaspal di jalanan. Dapur pacunya pun tak berbeda. Produk ini dilengkapi dengan mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC dan sistem transmisi CVT, yang disebut Hyundai sebagai intelligent variable transmission (IVT).

Baca Juga

Lalu, apa perbedaannya dengan Stargazer sebelumnya yang cukup berhasil menggedor pasar di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia?

Perbedaan paling kentara dari 'kakak-adik' ini ada di tampilan eksterior. Hyundai Stargazer X dilengkapi grill depan dan bumper belakang yang memunculkan kesan maskulin. Roof garnish dan rear spoiler, serta lekukan di kap mesin menambah kesan dinamis dan futuristik.

"Bumper, grill, kap mesin, over fender. Juga kalau kita masuk ke interiornya yang tipe yang ada leather itu juga ada aksen (jahitan) merah, terus dasbor dengan (warna) piano black," kata Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia, dalam sesi media test drive Hyundai Stargazer X di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/8/2023).

Selain ubahan dari tampilan, Stargazer X juga sudah menambahkan fitur electric parking brake atau rem tangan elektronik sekaligus auto hold yang tidak ada di Stargazer LMPV. Fitur ini tentu menambah kenyamanan dalam berkendara. Hyundai Stargazer X juga sudah dilengkapi dengan empat fitur Drive Mode seperti Eco, Comfort, Smart, dan Sport. 

Untuk keamanan saat berkendara, Hyundai sudah melengkapinya dengan Hyundai SmartSense. Kendaraan cerdas ini juga dilengkapi dengan Lane Keeping Assist, fitur ini memungkinkan kendaraan dapat memberikan sinyal dengan menggerakkan lingkar kemudinya secara otomatis ketika tidak sesuai dengan jalur yang ada. Selain itu, juga ada fitur Lane Following Assist. Fitur ini menjaga kendaraan tetap di jalurnya secara stabil.

Stargazer X juga sudah menggunakan double disc brake atau rem cakram depan dan belakang. Sedangkan Stargazer masih menggunakan rem tromol di roda belakang. Pengereman Stargazer X pun menjadi lebih nyaman dan tentu lebih aman.

Perbedaan lain juga terlihat di roda. Stargazer X menggunakan velg 17 inch dengan ukuran ban 205/50. Sedangkan Stargazer yang biasa memakai ring 16 dengan ukuran ban 205/55. "Karena perubahan velg itulah maka ground clearance-nya naik dari 195 mm jadi 200 mm," ujar Bonar.

Sementara di dapur pacu, tak ada perbedaan dengan Stargazer LMPV. Muntahan tenaga dan torsinya pun sama, yaitu 115 PS pada 6.300 rpm dan torsinya 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Hyundai Stargazer X ditawarkan dengan dua pilihan. Di tipe Style, harga dibanderol Rp 325.600.000. Sedangkan untuk varian Prime dibanderol dengan harga Rp 336.200.000. Dengan harga yang kompetitif, ditambah fitur keselamatan yang canggih dan melimpah, Stargazer X menjadi penantang serius di kelas LSUV di Tanah Air.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement