Selasa 29 Aug 2023 14:12 WIB

Tokopedia Beri Akses Setara Bagi Perempuan Berwirausaha

Sejauh ini, jumlah pelaku usaha perempuan di Tokopedia merupakan yang terbanyak.

Pekerja membawa kemasan paket dari Tokopedia di Jakarta, Jumat (28/5/2021).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pekerja membawa kemasan paket dari Tokopedia di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan Tokopedia secara konsisten akan terus memberikan pendampingan dan dan edukasi yang setara bagi perempuan dan laki-laki.

Salah satu upaya tersebut yakni dengan memfasilitasi pelaku UMKM Indonesia, tak terkecuali para pelaku usaha perempuan. Termasuk perempuan penyintas kekerasan, pra sejahtera, dan perempuan kepala keluarga di Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar untuk mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB).

Baca Juga

"Hal itu dilakukan agar pelaku UMKM bisa mendapatkan izin usaha secara online, dan lebih mudah mengakses modal usaha dan bantuan pemerintah," kata Astri saat pembukaan Kelas Perempuan Maju Digital bagi Perempuan Penyintas KDRT di Gianyar, Bali, kemarin.

Menurut data Tokopedia, Kabupaten Gianyar tercatat sebagai salah satu daerah di Provinsi Bali dan seluruh Indonesia yang mengalami kenaikan. Jumlah pegiat usaha perempuan di Tokopedia tertinggi selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022 yaitu sebesar lebih dari 30 persen.

Beberapa kecamatan di Gianyar yakni Kecamatan Blahbatuh, Kecamatan Payangan, Kecamatan Sukawati, Kecamatan Gianyar, dan Kecamatan Ubud tercatat sebagai kecamatan dengan peningkatan jumlah perempuan penjual tertinggi. Rata-rata kenaikan jumlahnya sebesar 38 persen pada periode semester I 2023 dibandingkan semester I 2022.

"Dengan pertumbuhan penjual di Provinsi Bali, turut mendorong kategori rumah tangga, kesehatan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, serta kecantikan menjadi kategori yang paling diminati oleh perempuan pembeli Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar selama semester I 2023," kata Astri.

 

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement