Jumat 25 Aug 2023 16:53 WIB

Ekonom Perkirakan BI Pertahankan Suku Bunga Hingga Akhir 2023

Suku bunga BJ saat ini dinilai masih cukup untuk memastikan inflasi tetap pada target

Logo Bank Indonesia
Foto: Bank Indonesia
Logo Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonom Faisal Rachman memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan tetap mempertahankan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) di level 5,75 persen hingga akhir 2023.

"Kami mempertahankan proyeksi kami bahwa BI akan mempertahankan BI-7DRRR sebesar 5,75 persen pada sisa 2023 dan mengantisipasi kemungkinan penurunan suku bunga pada 2024," kata Faisal dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga

Ekonom Bank Mandiri itu menuturkan tingkat BI-7DRRR yang ada saat ini dinilai masih cukup untuk memastikan inflasi tetap berada dalam kisaran sasarannya.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 23-24 Agustus 2023 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan, khususnya BI-7DRRR pada level 5,75 persen, suku bunga deposit facility sebesar 5 persen dan suku bunga lending facility sebesar 6,5 persen.

Keputusan BI tersebut sejalan dengan strategi kebijakan moneter yang sedang berjalan untuk menjaga pengendalian inflasi pada kisaran sasaran 2 persen–4 persen untuk sisa tahun 2023, dan 1,5 persen–3,5 persen untuk 2024.

Di sisi lain, Faisal Rachman mengatakan neraca transaksi berjalan pada kuartal II 2023 juga menjadi kendala bagi BI untuk melonggarkan BI-7DRRR tahun ini, karena telah kembali mengalami defisit sebesar 0,55 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Sementara itu, untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dalam negeri, BI memastikan kebijakan makroprudensial yang longgar terus dikonsentrasikan pada peningkatan efektivitas pemberian insentif likuiditas kepada perbankan. Khususnya untuk mendorong pemberian pinjaman dan pembiayaan di sektor-sektor, termasuk hilir, perumahan, pariwisata, serta pembiayaan inklusif dan ramah lingkungan.

Sedangkan untuk mengatasi risiko yang terkait dengan peningkatan Federal Funds Rate (FFR) dan penguatan dolar AS, BI telah menerapkan beberapa langkah, termasuk pengenalan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement