Selasa 22 Aug 2023 08:57 WIB

Tiga Isu Prioritas dalam Pertemuan Menteri Keuangan ASEAN 2023

Pertemuan khusus mendorong pemulihan dan menjaga stabilitas ekonomi ASEAN.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) akan digelar pada Selasa (22/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023) mendatang.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) akan digelar pada Selasa (22/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023) mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) akan digelar pada Selasa (22/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023) mendatang. Nantinya, ada tiga isu prioritas dalam agenda yang diadakan di Jakarta tersebut.

Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Kementerian Keuangan Yogi Rahmayanti mengatakan pertemuan ini dikhususkan untuk mendorong pemulihan dan memastikan stabilitas ekonomi di ASEAN.

Baca Juga

“Sektor atau jalur keuangan, kita kontribusi tiga klaster. Kita sebutnya strategic trust, pertama recovery dan rebuilding, kemudian begitu juga digital economy ada perkembangan sangat signifikan yang lead teman-teman bank sentral. Serta juga isu sustainability untuk promosikan transition finance dan support sustainable finance dan green economy," ujarnya saat media briefing, Senin (21/8/2023).

Menurutnya isu prioritas ekonomi recovery building meliputi kolaborasi keuangan dan kesehatan, pembiayaan infrastruktur dan isu perpajakan.

"Harapannya kawasan ASEAN bisa menarik lebih banyak pendanaan murah dari dunia yang membiayai transisi ekonomi hijau," ucapnya.

Isu kedua meliputi digital economy. Menurut Yogi isu ini untuk mempromosikan keuangan digital, literasi dan inklusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif serta memperkuat resiliensi sektor keuangan.

“Digital ekonomi akan ada layanan keuangan digital UMKM. Selasa akan ada side event khusus business matching antara UMKM dan financial technology atau fintech pendanaan digital jadi akan bertemu platform-platform peer to peer lending akses pendanaan UMKM," ucapnya.

Isu ketiga meliputi....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement