Kamis 17 Aug 2023 10:42 WIB

Kenakan Busana Khas Budi Utomo di HUT RI, Erick Ungkap Alasannya

Erick mengenakan busana khas dari organisasi Budi Utomo.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan busana khas anggota pergerakan Organisasi Budi Utomo.
Foto: Dok Republika.
Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan busana khas anggota pergerakan Organisasi Budi Utomo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkap pesan di balik pemilihan busana dalam upacara peringatan HUT ke-78 Indonesia. Nuansa modern yang berpadu dengan kearifan lokal tersebut terlihat pada pakaian yang Erick kenakan. Erick mengenakan busana khas dari organisasi Budi Utomo atau Boedi Oetomo.

"Baju yang saya pakai untuk upacara bendera di Istana Merdeka hari ini, terinspirasi dari organisasi pergerakan pertama Boedi Oetomo. Organisasi yang didirikan para pemuda terpelajar Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputera atau dikenal dengan STOVIA," ujar Erick dalam akun Instagram, @erickthohir pada Kamis (17/8/2023).

Baca Juga

Erick menyebut peran besar pergerakan Boedi Oetomo yang menjadi momentum bagi kebangkitan bangsa. "Sebagai seorang Boedi Oetomo, saya ingin Indonesia tak hanya dewasa dalam usia, juga bangkit bersama rakyatnya," ucap pria kelahiran Jakarta tersebut. 

Bagi Erick, HUT ke-78 RI menjadi sebuah momentum dalam menatap tantangan dan peluang di masa depan. Erick mengatakan usia ke-78 menjadi momentum penting bangsa Indonesia dalam menyambut lonjakan demografi anak muda. Erick menyebut putra-putri pergerakan di era modern yang mewariskan semangat juang pendahulu di Boedi Oetomo.

 

"Kita semua yang peduli pada nasib bangsa ini, kita semua yang ingin menentukan nasib bangsa sendiri, kita semua yang bekerja keras demi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Momentum ini tidak datang dua kali. Mari rapatkan barisan, sama-sama melaju untuk Indonesia maju. MERDEKA!!," tegas Erick.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement