Jumat 18 Aug 2023 13:19 WIB

Sambut HUT Ke-78 RI, Antam Keluarkan Logam Mulia Seri Ragam Tarian Daerah 

Antam menilai Tarian Nusantara memiliki kedalaman dan keberagaman budaya Indonesia.

Antam Logam Mulia telah merancang konsep tematik yang khusus, yaitu ilustrasi Ragam Tarian Daerah Indonesia.
Foto: Antam
Antam Logam Mulia telah merancang konsep tematik yang khusus, yaitu ilustrasi Ragam Tarian Daerah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, PT Antam Tbk melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia meluncurkan logam mulia edisi khusus kemerdekaan. Produk gift series tersebut dirancang dengan tema khusus "Ragam Tarian Daerah Indonesia”. 

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie mengatakan, pemilihan tema tari-tarian Nusantara bukan tanpa sebab. Tarian Nusantara dinilai memiliki kedalaman dan keberagaman budaya Indonesia yang kaya. “Setiap daerah di Indonesia memiliki tarian tradisional dengan makna dan cerita yang unik, menjadi bagian penting dalam ekspresi seni dan budaya masyarakat Indonesia, terlihat dalam upacara adat, perayaan, dan acara kebudayaan,” ujarnya dalam siaran pers, beberapa waktu lalu.

Tema Tari Nusantara ini diambil sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan yang diberikan oleh Antam terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia.  Faisal mengatakan ada tujuh tarian yang diangkat dalam logam mulia edisi kemerdekaan ini seperti Tari Topeng dari DKI Jakarta, Tari Kancet Papatai dari suku Dayak,  Tari Legong khas Bali, Tari Kipas Pakarena dari Makassar,  Tari Gending Sriwijaya dari Sulawesi Selatan, Tari Remo dari Jawa Timur, Tari Merak dari Jawa Barat, dan Tari Piso Surit dari Sumatera Utara.

Keanekaragaman tarian tradisional Indonesia, kata Faisal, diabadikan dalam Produk Gift Series Tari Nusantara. Tema tari Nusantara dalam Gift Series diusung oleh Antam dengan tujuan ingin memberikan apresiasi yang mendalam pada seni dan budaya Indonesia, serta memperkenalkan kekayaan budaya kepada masyarakat secara luas.

 

"Ini agar kesadaran masyarakat tentang kekayaan budaya Indonesia dapat meningkat serta dapat lebih mengapresiasi dan menghargai seni tari sebagai bagian integral dari identitas bangsa," ujarnya.

Desain logam mulia edisi khusus ini diharapkan membawa pesan kuat Gift Series Antam edisi kemerdekaan adalah pilihan istimewa untuk memperingati momentum penting Indonesia. Gift Series Tari Nusantara ini hadir dalam gramasi emas sebesar 0,5 gram dengan security specification memiliki invisible ink dibagian depan dan belakang dan dilengkapi dengan QR Code. Dalam rangka edisi Kemerdekaan HUT RI Ke-78, selama periode 16-31 Agustus untuk pembelian gift series (semua tema) akan mendapatkan amplop gift series edisi Kemerdekaan, dan selama persediaan masih tersedia.

Gift Series Tari Nusantara dapat diperoleh di seluruh Butik Emas Logam Mulia, Pameran Resmi yang diselenggarakan Antam, dan juga secara online di www.logammulia.com selama persediaan masih ada.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement